DKP3 Metro Gelar Bimbingan Teknis Kelompok Ternak

img
Kegiatan bimbingan teknis lintas sektoral kelompok ternak DKP3 Kota Metro.

MOMENTUM, Metro--Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Metro menggelar kegiatan bimbingan teknis lintas sektoral kelompok ternak.

Kegiatan tersebut memfokuskan pada kolaborasi dan sinergi wujudkan ternak sehat, peternak sehat. Acara berlangsung di Aula Kelurahan Margodadi, Kecamatan Metro Selatan, Kamis (16-3-2023).

Wakil Walikota Metro, Qomaru Zaman mengatakan, untuk menciptakan ternak sehat dan peternak sehat harus menciptakan langkah yang dilakukan seperti apa.

"Kegiatan yang diadakan hari ini merupakan salah satu bagian untuk menguatkan peternak sehat dan ternak sehat. Jadi para peternak diedukasi oleh tim ini untuk melakukan dan menjelaskan semua persoalan tentang peternakan," kata dia.

Dia mengungkapkan, ini kolaborasi yang luar biasa. Pemerintah hadir melalui Dinas Peternakan dan diikuti juga oleh beberapa peserta lain yang tergabung dalam kelompok tani.

"Kita optimis untuk memberdayakan kota ini, terutama di wilayah Kelurahan Margodadi," ungkapnya.

"Untuk konsentrasinya 10 bulan ke depan. Secara teknis akan diutamakan untuk menguatkan perekonomian masyarakat," imbuhnya.

Dia menjelaskan, Metro Selatan ini merupakan area yang sangat strategis. Kemungkinan Jalan Budi Utomo ini menjadi alternatif pilihan sebagai pergerakan ekonomi.

"Tidak hanya mengandalkan daerah Trimurjo saja. Andai kata pintu jalan tol berada di jalur ini, maka alangkah ramainya Jalan Budi Utomo ini," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala DKP3 Kota Metro, Herry Wiratno menyampaikan, ini sinergitas antara kesehatan dengan peternakan, dimana untuk menjamin budidaya kambing baik yang sehat hewannya, sehat juga pengelolanya berdasarkan lingkungan.

"Pada dasarnya para peternak ini sudah memiliki hewan ternaknya, seperti kambing. Kita hanya memberikan edukasi, karena pemeliharaan di kota beda sistemnya dengan di desa," ujarnya.

"Tentunya untuk sistem perkandangannya berbeda, sanitasinya berbeda, dan metodenya pun kami edukasi secara baik.

Dia mengatakan, untuk goalnya nanti di Metro Selatan ini ada sentra peternakan.

"Nanti goalnya di Metro Selatan ini ada sentra peternakan, selain sudah terkenal dengan ikan lelenya, nanti juga ada terkenal kambing jenis domba," ungkapnya.(**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos