Jelang HUT ke-62, Hutama Karya Raih Penghargaan Hingga Tingkatkan Pelayanan Mudik Lebaran 2023

img
Hutama Karya Raih Perhargaan Presisi Award 2023.

MOMENTUM, Jakarta--Menjelang hari ulang tahun (HUT) ke-62, PT Hutama Karya (Persero) kembali meraih penghargaan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) pada ajang ETLE Nasional Presisi Award 2023.

Penghargaan yang diselenggarakan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) itu untuk kategori pengembangan implementasi ETLE Nasional Presisi.

Digelar secara offline di Bandung, Jawa Barat pada Rabu (15-3), penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Drs. Irjen Pol Firman Shantyabudi, M.Si kepada Vice President Manajemen Risiko Divisi Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya Linggo Handoyo, yang mewakili perusahaan.

Direktur Operasi III Hutama Karya mengatakan bahwa penghargaan tersebut berhasil diraih Hutama Karya atas inovasi penerapan ETLE di jalan tol.

“Dengan adanya penghargaan ETLE ini akan membuat Hutama Karya semakin konsisten dalam mendukung Polri untuk menerapkan penegakan hukum di jalan tol yang kami kelola sehingga menciptakan jalan tol yang aman dan nyaman bagi pengguna jalan,” ujar Koentjoro.


Dalam sambutannya, Irjen Pol Firman menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada jajaran kepolisian indonesia dan instansi terkait yang telah menerapkan sistem ETLE.

“Kami berterima kasih kepada pemda dan instansi terkait yang mau menyisihkan anggarannya yang digunakan untuk partisipasi dalam menertibkan lalu lintas yang ada di wilayahnya. Kita tidak boleh berpuas diri dengan apa yang kita peroleh dan harus terus semangat untuk berinovasi dalam menegakan ketertiban lalu lintas.” imbuh Irjen Pol Firman Shantyabudi, Kakorlantas Polri.

Berbagai Persiapan Mudik Lebaran 2023 di Jalan Tol Hutama Karya

Tak hanya mendapatkan penghargaan, di minggu yang sama, Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) juga sudah mulai melakukan persiapan agar ruas tol yang dikelola dapat siap untuk dilalui pada saat Mudik Lebaran 2023 ini.

“Kami melakukan peningkatan kualitas dan berbagai pemeliharaan pada jalan tol yang dikelola sebelum momen mudik dimulai. Kami juga menyiapkan berbagai peningkatan pelayanan dan strategi agar memitigasi adanya kepadatan di gerbang tol,” terang Koentjoro.

Lebih lanjut Koentjoro menambahkan bahwa persiapan yang dilakukan dengan menyediakan sebanyak 3.132 petugas siaga, 347 unit armada siaga dan 52 unit mobil reader, memastikan Bahan Bakar Mentah (BBM) tercukupi di setiap SPBU serta melakukan penambahan SPBU modular di rest area KM 20 jalur A & KM 49 Jalur B di Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter) dan rest area KM 306 & KM 269 Jalur B di Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka).

“Kami juga bersinergi dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dengan menyiapkan kantong parkir tambahan maupun booth tiket kapal ferry di rest area agar tidak terjadi antrian di Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan menuju penyebrangan ke pelabuhan serta menyediakan mobil ATM berjalan demi mempermudah transaksi pengguna jalan,” tambahnya.


Koentjoro juga menegaskan bahwa seluruh rest area yang dikelola akan dioperasikan pada saat momen mudik mendatang. Rest area tersebut diantaranya yakni 12 rest area di di Tol Bakter yang terletak di KM 20 Jalur A&B, KM 33 Jalur A&B, KM 49 Jalur A&B, KM 67 Jalur A&B, KM 87 Jalur A&B, KM 116 Jalur A&B, 9 (sembilan) rest area di Tol Terpeka tepatnya di KM 163 A, KM 172 B, KM 208 A, KM 215 B, KM 234 A, KM 269 B, KM 277 A, KM 306 B, KM 311 A dengan kapasitas parkir yang dapat menampung hingga 2.370 kendaraan golongan I dan 1.008 kendaraan golongan non-I.

“Selain itu, Hutama Karya juga menyediakan 4 (empat) rest area temporary di Tol Pekanbaru - Dumai yang berlokasi di KM 45 Jalur A, KM 65 Jalur B, KM 82 Jalur A & B dan rest area mini di Tol Pekanbaru – Padang Seksi Pekanbaru Bangkinang di akses masuk Gerbang Tol Bangkinang.” imbuh Koentjoro.

Sementara dari sisi peningkatan kualitas jalan, Hutama Karya juga tengah mengebut pemeliharaan jalan tol sebelum momen Mudik Lebaran berlangsung dimana saat ini tengah dilakukan peningkatan kualitas jalan tol di Tol Bakter yang berlokasi di KM 08+900 hingga KM 138+600 dengan progress pengerjaan mencapai 65,2 persen, Tol Terpeka yang berlokasi di KM 141+400 hingga KM 325+000 yang mencapai 94,6 persen.

“Pemeliharaan ini dilakukan dengan berbagai metode dari mulai Scraping, Filling & Overlay (SFO) hingga rekonstruksi beton rigid yang jika tidak ada kendala akan segera rampung akhir maret ini,” tutup Koentjoro, Direktur Operasi III Hutama Karya.

Untuk kondisi terkini jalan tol, Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol.

Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan top up saldo UE.

Selain itu dia terus mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. "Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di rest area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada. Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area agar segera melapor ke Call Centre masing-masing Cabang Tol," ujarnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos