Pringsewu Alokasikan Rp5,4 Miliar untuk Lembaga Keagamaan

img
Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah menyerahkan bantuan dana hibah di Masjid Al-Musyawaroh, Pringkumpul, Pringsewu Selatan, Senin (27-3-2023).

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemkab Pringsewu mengalokasikan bantuan dana hibah untuk sejumlah rumah ibadah dan lembaga keagamaan. Bantuan tersebut mulai didistribusikan Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah pada Senin 27 Maret 2023.

Bantuan senilai Rp10 juta hingga Rp15 juta itu antara lain untuk Masjid Al-Awwabin Margakaya mendapat hibah Rp15 juta, Musholla Baiturrahman Pringsewu Selatan (Rp 10 juta), Musholla Darussalam Pringsewu Timur (Rp 10 juta), Musholla Al-Barokah Podomoro (Rp 10 juta) dan Risma Al-Hidayah Podosari (Rp 10 juta).

Juga bantuan ambal untuk Masjid Al-Musyawaroh, Musholla Al-Barokah dan Musholla Nur Rohman, serta santunan kepada 10 anak yatim/piatu. Serta bantuan dana hibah kepada 22 lembaga keagamaan.

Adi Erlansyah saat menyerahkan bantuan tersebut pada acara silaturahmi sekaligus salat duhur berjamaah di Masjid Al-Musyawaroh, Pringkumpul, Pringsewu Selatan, berharap bantuan yang diberikan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik.

Dia mengatakan Ramadan tahun ini merupakan Ramadan perdana dalam mengemban amanah sebagai Penjabat Bupati Pringsewu. Disadari bahwa tugas tersebut sangat berat dan tidak mungkin dapat dilaksanakan sendiri.

Oleh karena itu, pada acara yang dihadiri hanya sejumlah pejabat Pemkab Pringsewu, Camat Pringsewu dan Lurah beserta para tokoh agama dan masyarakat Kecamatan Pringsewu berharap dukungan dan kerjasama semua pihak, termasuk masyarakat Pringsewu.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Al-Musyawaroh, Pringkumpul, Pringsewu Selatan A. Khotib mengucapkan terima kasih kepada Penjabat Bupati beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu yang sudah bersilaturahmi mengunjungi Masjid Al-Musyawaroh, sebagai salah satu masjid tertua di Pringsewu Selatan.

Senada, juga disampaikan Irfan Sumantri, Takmir Musholla Al-Barokah Pringombo, Pringsewu Timur, yang juga berterima kasih kepada Penjabat Bupati Pringsewu beserta jajaran atas bantuan ambal yang diberikan. "Semoga bantuan yang diberikan ini bermanfaat serta barokah, dan menjadi ladang pahala bagi yang memberi," harapnya.

Terpisah Kepala Bagian Kesmasyag Setda Pringsewu Rustiyan menjelaskan, Pemkab Pringsewu pada tahun 2023 ini mengeluarkan dana hibah senilai Rp5,4 miliar untuk 124 lembaga keagamaaan.

Dari 124 lembaga keagamaan itu diantarannya untuk Pondok Pesantren, Masjid, Mushola, TPA, Majelis Taklim, Rukun Kematian juga bantuan hibah untuk agama lain seperti Kristen, Katolik, Hindu dan Budha.

Menurutnya, prosedur hibah terlebih dulu mengajukan proposal, kemudian dilakukan ferivikasi ke lapangan dan dirapatkan dengan tim. "Untuk nilai hibah itu disesuaikan dengan pagu anggaran daerah dan setiap lembaga nilainya tidak sama tergantung hasil ferfikasi di lapangan,"jelas Rustiyan.(*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos