Media Diharapkan Berkontribusi dalam Pembentukan Karakter

img
Sekprov Lampung Fahrizal Darminto saat membuka Sosialisasi media ramah perempuan dan anak.

MOMENTUM, Bandarlampung--Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fahrizal Darminto membuka Sosialisasi Media Ramah Perempuan dan Anak di Hotel Emersia, Selasa (28-3-2023).

Pada kesempatan itu, Fahrizal menjelaskan, perempuan dan anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus dilindungi dari pemberitaan negatif. Sehingga dapat tumbuh dengan wajar. 

Untuk itu, media massa diharapkan turut serta dalam memberikan perlindungan bagi perempuan dan anak.

Terlebih, media memiliki kontribusi dalam pembentukan karakter anak menjadi insan yang baik. 

Termasuk menciptakan atmosfir positif melalui tulisan yang bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat dan anak-anak. 

Media massa, memiliki kewajiban untuk melakukan upaya perlindungan bagi perempuan dan anak, salah satunya dengan mewujudkan pemberitaan yang ramah perempuan dan anak. 

Pemberitaan tentang perempuan dan anak hendaknya tetap memperhatikan hak-hak dan kepentingan terbaik perempuan dan anak serta menghindari dari pelabelan, serta diisi dengan konten-konten yang menghibur tetapi tetap mendidik. 

Hal tersebut sesuai dengan visi Provinsi Lampung, “Rakyat Lampung Berjaya” dan misi Nomor 3, mengembangkan upaya perlindungan anak, memberdayakan perempuan dan kaum difabel serta janji kerja Gubernur Lampung Nomor 21 “Perempuan Berjaya” dan Nomor 26 “Lampung Ramah Perempuan dan Anak”.

"Media sangat berperan untuk membuat masyarakat menjadi lebih cerdas serta membangun optimisme masyarakat dalam kehidupan bernegara," kata Fahrizal. 

Sementara, Kepala Dinas PPPA Lampung Fitrianita Damhuri menjelaskan, sosialisasi itu diselenggarakan untuk menyamakan persepsi dalam pemberitaan yang ramah perempuan dan anak serta memberikan semangat dan motivasi pada jurnalis perempuan. 

"Melalui kegiatan ini, Pemerintah Provinsi Lampung  berharap agar media lebih banyak menghadirkan konten-konten yang tidak hanya menghibur, tapi juga memberikan edukasi pada masyarakat," tuturnya. (adw)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos