Buka Musrenbang, Gubernur Pastikan Jalan di Lamteng Bagus

img
Gubernur Arinal Djunaidi

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi memastikan sejumlah ruas jalan tahun ini diperbaiki. Salah satunya ruas Simpang Randu - Seputih Surabaya di Lampung Tengah.

Hal itu disampaikan Gubernur saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rancangan Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Provinsi Lampung 2024 di Hotel Novotel, Rabu (29-3-2023).

Gubernur meminta bupati/walikota untuk menyampaikan permasalahan yang ada di daerahnya masing-masing. Sehingga bisa masuk prioritas pembangunan di Lampung.

"Seperti jalan di Lamteng. Alhamdulillah tahun ini saya jamin bagus. Karena itulah saya ingin bupati/walikota untuk sampaikan di sini supaya kita kucurkan anggaran yang sudah disepakati," tegasnya.

Menurut Arinal, musrenbang merupakan titik awal dalam setiap perencanaan kegiatan. "Semuanya harus mengacu pada hasil Musrenbang termasuk penggunaan APBD," ujarnya.

Arinal menyebutkan, perencanaan pembangunan daerah merupakan satu kesatuan dari sistem perencanaan nasional.

Karena itu, Musrenbang menjadi penting untuk berperan merumuskan, seberapa besar dampak dari perencanaan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya sangat berharap bahwa seluruh rangkaian dan proses Musrenbang dapat menciptakan keselarasan antara kemampuan dan kebutuhan dari seluruh pelaku pembangunan, sehingga dapat dirumuskan strategi, kebijakan, program/kegiatan prioritas dan alokasi anggaran yang memadai untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat," jelasnya.

Apalagi, gubernur mengatakan, RKPD 2024 merupakan periode akhir dari penjabaran RPJMD 2019-2024.

"Tentunya, telah kita ketahui bersama bahwa terdapat beberapa sasaran dan target pembangunan yang telah ditetapkan dalam RPJMD tersebut. Artinya, pada Tahun 2024 mendatang saya ingin tekankan kepada seluruh jajaran untuk maksimal mengerahkan seluruh sumber daya dan kemampuan yang ada. Agar dapat memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat," harapnya.

Gubernur juga mengingatkan bahwa Tahun 2024 mendatang merupakan bagian dari tahapan pelaksanaan Pemilu dan Pemilukada Serentak.

Sehingga, diperlukan Stabilitas Trantibmas dan kerukunan beragama yang kondusif. Sinergi dan kolaborasi antar masyarakat bersama dengan pemerintah, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan Forkopimda perlu terus dipelihara dan ditingkatkan. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos