DPRD Dorong Dianggarkan Program Beasiswa Bagi Guru

img
Pembukaan Musrenbang Lampung 2023

MOMENTUM, Bandarlampung--DPRD Provinsi Lampung mendorong adanya program beasiswa yang diperuntukkan bagi guru.

Sehingga, sumber daya manusia (SDM) bagi tenaga pengajar bisa ditingkatkan yang akan berdampak pada peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM).

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Dalam Rangka Penyusunan RKPD 2024 di Hotel Novotel, Rabu (29-3-2023).

"Kita ingin ada beasiswa untuk guru supaya sekolah lagi. Gurunya dulu yang kita cerdaskan. Baru muridnya. Jangan na ti muridnya lebih cerdas," kata Mingrum.

Karena itu, dia mendorong agar dianggarkan untuk program beasiswa bagi guru. "Enggak apa-apa uang APBD kita habis, yang penting jelas," ujarnya.

Tidak hanya bagi guru yang berstatus ASN, dia menyarankan agar tenaga honorer perlu diperhatikan. Terlebih, masih banyak yang belum menerima insentif.

"Saya kadang miris. Masih ada sekian ribu guru honorer yang belum bisa dikasih insentif. Jadi wajar saja kalau IPM kita masih agak rendah," tuturnya.

Selain guru, dia juga mendorong agar SDM tenaga kesehatan di Lampung bisa ditingkatkan. Sehingga bisa mengikuti kemajuan teknologi.

"Jangan sampai kita dikasih teknologi yang canggih tapi SDM kita tak sanggup," terangnya.

Mingrum juga meminta Dinas Kesehatan Lampung agar setiap dokter tidak hanya berfokus pada bisnis. Tetapi mengutamakan kesehatan masyarakat.

"Apabila dokter menyalahi kode etik dan sumpah jabatannya jangan lagi praktek di Lampung. Karena keselamatan masyarakat diatas segalanya," tegasnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos