Cegah Pencurian, Polresta Siapkan Pengawalan Gratis Bagi Nasabah Bank

img
Polresta Bandarlampung siapkan call centre atau telepon penting untuk pengawalan nasabah saat pengambilan dan penyetoran uang di perbankan.

MOMENTUM, Bandarlampung--Polresta Bandarlampung berikan pengawalan gratis kenapa nasabah bank yang hendak melakukan transaksi keuangan. 

Tindakan itu sebagai upaya mewujudkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) kota setempat, melakukan transaksi uang menjelang hari raya Idulfitri.

Kabag Ops Kompol Oskar Eka Putra mengatakan, pelayanan gratis bagi masyarakat tersebut, diberikan guna mengantisipasi perampokan atau pencurian yang biasanya seringkali terjadi menjelang lebaran. 

“Kami harapkan masyarakat khususnya yang berada di Kota Bandarlampung dalam aktivitas mengambil dan mengirim uang melalui perbankan apalagi jumlahnya besar, minta pengawalan dari Kepolisian,” kata Kompol Oskar, Rabu (5-4-2023).

Pengawalan tersebut, diberikan secara cuma-cuma alias gratis tidak ada syarat apa pun untuk meminta pengawalan. Masyarakat cukup menghubungi kepolisian untuk meminta pengawalan saat membawa uang dari bank, rumah, atau menuju kantor.

“Kami memastikan personel Polri akan dengan terbuka membantu masyarakat. Caranya bisa menghubungi langsung nomor telp 08127901362, 085357577722, 082181062911 dan 082178612224 atau Comand Center 110,” ungkapnya.

Langkah itu, kata Kabagops, sebagai antisipasi tindak kriminal menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Biasanya menjelang lebaran aktifitas masyarakat yang akan melakukan transaksi di bank baik pengambilan ataupun penyetoran akan meningkat dan tentunya ini akan memancing terjadinya tindak kriminalitas.

“Selain memperketat polisi yang bertugas rutin di setiap bank, petugas yang patroli juga akan ditingkatkan. Polresta Bandarlampung terus berupaya menciptakan situasi kondusif di wilayah Kota Bandarlampung yang aman dan nyaman,” pungkasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Aksi kejahatan jalanan berupa modus pecah kaca mobil terjadi di Kota Bandarlampung. 

Kali ini, menimpa Kevin Penalosa (30) yang memarkirkan kendaraan pribadinya bermerek Mitsubishi Pajero Sport BE 1263 AAB, di Jalan Pangeran Senopati, Ruko Bukit Indah Golf Blok F, Sukarame sekitar pukul 15.15 WIB, Senin (3-4-2023). 

Berdasarkan rekaman kamera pengawas alias CCTV (closed circuit television) di lokasi, peristiwa itu dengan cara memecah kaca mobil pada bagian tengah pintu sebelah kiri. Hanya dalam waktu hitungan detik.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Sukarame Kompol. Warsito membenarkan peristiwa tersebut. Dia menyebutkan, pihaknya telah mendatangai lokasi.

"Benar. Tim sudah ke lokasi kejadian dan mengambil bukti rekaman CCTV, guna proses penyelidikan lebih lanjut," kata Warsito melalui pesan WhatsApp, Selasa (4-4-2023).

Pandu, petugas keamanan Perumahan Bukit Indah Golf menambahkan, berdasarkan rekaman kamera pengawas, pelaku berjumlah dua orang itu telah membuntuti korban.

"Saya cek dari CCTV, pelaku ini terlihat sudah ngikutin korban," ujarnya.

Menurut dia, sebelum melancarkan aksinya, kedua pelaku terlihat telah mengintai korban, dengan berhenti di persimpangan Jalan Endro Suratmin. 

"Pelaku itu berhenti dulu di gapura, satu pelaku jalan ke arah mobil dan satu lagi menunggu di atas motor sambil melihat situasi," terangnya. 

Saat korban berjalan menuju ruko, salah satu pelaku berjalan kaki menuju mobil tersebut dengan mengenakan masker dan jaket.

"Satu pelaku jalan kaki ke arah mobil. Sedangkan satu pelaku lainnya mengendarai motor merek Yamaha Vixion warna merah," jelasnya. 

Setelah peristiwa itu, Pandu langsung menghubungi Bhabinkamtibmas setempat, guna menginformasikan kejadian tersebut. 

"Dari kepolisian sudah olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kemarin. Menurut pengakuan korban, uang sekitar Rp800 juta raib dibawa pelaku," sebutnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos