Riana Dorong Peningkatan Minat Baca Masyarakat

img
Bunda Literasi Lampung Riana Sari Arinal Djunaidi menyerahkan buku

MOMENTUM, Bandarlampung--Bunda Literasi Lampung Riana Sari membuka acara Pengembangan Budaya Membaca Tahun 2023 bersama Penggiat Literasi di Hotel Sheraton, Senin (29-5-2023).

Riana mengatakan, kegiatan itu merupakan momen yang sangat strategis untuk mendukung minat masyarakat dalam memperluas wawasan dan pengetahuan dengan membaca.

Menurut dia, dengan membaca dapat meningkatkan kreativitas, kepercayaan, membuka diri terhadap ide dan informasi baru, serta dapat mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimiliki dengan optimal.

"Kebiasaan gemar membaca hendaknya dilakukan sejak dini  dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Karena tidak ada satupun Negara yang maju sepanjang sejarah dan tidak ada peradaban yang terhebat sekalipun kecuali karena masyarakatnya gemar membaca," kata Riana.

Dia menegaskan, pemasyarakatan perpustakaan dan minat baca perlu dilaksanakan secara terus menerus agar masyarakat lebih mengenal  manfaat dari Perpustakaan.

Ia menyampaikan, Pemerintah Provinsi Lampung berkewajiban menjamin hak masyarakat untuk memperoleh informasi dan pengetahuan melalui penyedian bahan pustaka berupa buku buku bacaan.

Hal itulah yang melatarbelakangi Pemprov melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung memprogramkan pemberian Hibah Buku kepada 30 (tiga puluh) Penggiat Literasi dari 15 Kabupaten dan Kota pada tahun 2023.

Bunda Riana berpesan kepada seluruh Penggiat Literasi, sebagai mitra pemerintah agar dapat menciptakan berbagai kegiatan yang mampu menarik minat masyarakat.

Sehingga memberikan motivasi untuk membaca sebagai kebutuhan utama dalam merealisasikan kehidupan yang lebih berhasil dan sejahtera.

"Dengan membaca kita bisa mengenal Dunia dengan menulis kita dikenal Dunia maka jadikan buku sebagai kekuatan dalam hidup," pungkasnya.

Sementara, Plt kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Ratna Dewi mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan sebagai upaya meningkatkan minat baca dan meningkatkan indeks literasi masyarakat.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut juga bermaksud untuk menyampaikan program yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Pemerintah Daerah Provinsi Lampung serta mempertemukan para pegiat literasi dari 15 Kabupaten dan Kota.

Ratna melaporkan bahwa pengunjung Perpustakaan Daerah sampai saat ini berjumlah 10.276 orang.

"Pengunjung tidak hanya dari Kota Bandar Lampung saja, tetapi dari Kanupaten dan Kota lainnya," ujarnya.

Ratna menyampaikan bahwa pelayanan Perpustakaan Daerah tetap buka di hari Sabtu pada jam 8 pagi hingga jam 1 siang.

Pada kesempatan itu juga, diberikan hibah buku bacaan kepada para pegiat literasi yaitu Rumah Pintar dari Lampung Barat dan Desa Sinat Banten, Kabupaten Tanggamus. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos