Gubernur Harap GTTGN Bermanfaat untuk Kemajuan Pembangunan Desa

img
Gubernur Arinal Djunaidi

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi berharap Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXIV bisa bermanfaat bagi kemajuan pembangunan. 

Khususnya pembangunan berkelanjutan yang ada di desa seluruh Indonesia.

Harapan itu disampaikan Arinal saat pembukaan GTTGN XXIV di PKOR Wayhalim Bandarlampung, Rabu (7-6-2023).

"Sesuai dengan tema GTTGN mengungatkan daya saing desa dan menyejahterakan warga, saya harap dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Terutama terhadap kemajuan pembangunan berkelanjutan di desa," kata Arinal.

Karena itu, gubernur mendorong agar kegiatan GTTGN bisa memotivasi pengembangan daya kreativitas dan inovasi teknologi tepat guna (TTG).

Sehingga dapat dimanfaatkan dan didayagunakan oleh masyarakat atau pelaku industri dalam meningkatkan serta mengembangkan kegiatan usahanya.

Selain itu, kegiatan GTTGN juga dapat dimanfaatkan sebagai ajhak tukar informasi teknologi yang ditemukan antar desa, kabupaten/kota atau provinsi.

"Dengan demikian diharapkan adanya motivasi masyarakat dalam mengembangkan dan meningkatkan kinerja pengelolaan lembaga Posyantek Desa," jelasnya.

Arinal menyebutkan, Posyantek Desa merupakan upaya pengoptimalan peran, tugas dan fungsinya dalam rangka alih teknologi serta pendayagunaan sumberdaya lokal. Melalui pengembangan dan penerapan TTG.

Menurut gubernur, inovasi dalam kehidupan juga sangat penting untuk menuju ke arah yang lebih baik.

"Alhamdulillah Lampung termasuk provinsi yang sangat fokus dalam bidang inovasi. Sehingga inovator yang lahir di setiap ajang GTTGN," sebutnya.

Meski demikian, pertumbuhan pembangunan juga perlu digerakkan oleh strategis yang tidak hanya efisiean, tetapi mengedepankan inovvasi.

"Dalam era digitalisasi ini, pembangunan perlu lebih mengedepankan Iptek dan inoasi sebagai faktor pembentuk daya saing," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Arinal juga menyampaikan terimakasih karena telah memilih Lampung sebagai tuan rumah pelaksanaan GTTGN XXIV. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos