Bandarlampung Punya Polisi RW, Ini Tugasnya

img
Waka Polresta Bandarlampung AKBP Rachmat Tri Haryadi menyampaikan amanat kapolres saat apel Polisi RW, Selasa (11-7-2023).

MOMENTUM, Bandarlampung--Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandarlampung membentuk Polisi RW (Rukun Warga) guna meningkatkan keamanan di wilayah hukum setempat.

"Pembentukan Polisi RW sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2021 tentang pemolisian masyarakat," kata Waka Polresta Bandarlampung AKBP Rachmat Tri Haryadi saat apel Polisi RW, Selasa (11-7-2023).

Menurut dia, Polisi RW merupakan program yang menghadirkan aparat kepolisian di tiap RW untuk membangun interaktif positif yang konsisten antara polisi dengan masyarakat.

"Polresta telah menunjuk 287 personel sebagai Polisi RW, hal ini sebanding dengan jumlah RW yang ada di wilayah Kota Bandarlampung," kata dia. 

Waka Polresta menerangkan, Polisi RW bertugas sebagai penghubung di tiap RW, apabila dalam pelaksanaanya tidak mampu mengatasi masalah yang ada, maka wajib meneruskan permasalahan yang dilaporkan warga ke polsek atau polres untuk diselesaikan segera oleh polsek atau polres.

"Harapanya, Polisi RW ini mampu dekat dengan masyakarat, mendengarkan saran, masukan, kelurahan serta mencoba mencari solusi dari setiap permasalahan yang ada di wilayah lingkungan binaan kamtibmasnya" ucap AKBP Rachmat. 

Polisi RW juga memiliki peran sebagai forum silaturahmi antar masyarakat satu dengan yang lain juga memberikan nilai kemanfaatan dan semangat kebersamaan. 

Diakhir amanatnya, Waka Polresta Bandarlampung berpesan kepada para peserta apel untuk tetap menjaga kekompakan dan bersinergi dengan semua eleman masyarakat guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayahnya masing masing. 

"Mari sama sama kita wujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat guna terciptanya keamanan yang lebih kondusif di Kota Bandarlampung yang kita cintai," pesan AKBP Rachmat.

Hadir dalam kegiatan ini Pejabat Utama, Para Kapolsek Jajaran Polresta Bandarlampung, kegiatan apel dipimpin langsung oleh Waka Polresta Bandarlampung AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.I.K., M.M. mewakili Kapolresta Bandarlampung Kombes Pol Ino Harianto, S.I.K., M.M., diikuti oleh ratusan personel Polresta Bandar Lampung yang ditunjuk sebagai Polisi RW.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos