Terima Kasih PHE OSES

img
Rumah apung produksi pakan, bantuan PHE OSES untuk Pokdakan di Kelurahan Pulau Panggang

MOMENTUM, Jakarta--Sang surya baru menyembulkan keningnya, saat kami tiba di Dermaga Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, Selasa 25 Juli 2023.

Sesaat, kami rombongan wartawan yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung bersama manajemen PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES) melakukan registrasi penyeberangan kapal menuju Pulau Panggang.

Pulau di kawasan Kepulauan Seribu itu memang menjadi tujuan utama agenda media gathering PHE OSES dengan para wartawan PWI.

Di pulau berpenduduk kurang lebih 6.210 jiwa itu, PHE OSES akan menyerahkan bantuan Rumah Apung Produksi Pakan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Kerapu Cantik, Kelurahan Pulau Panggang.

Setelah lebih kurang satu jam membelah ombak, Kapal Motor Baracuda 3 yang kami tumpangi, sandar di dermaga utama Kelurahan Pulau Panggang.

Di dermaga yang dijadikan lokasi seremoni penyerahan bantuan tersebut, kami disambut anggota Pokdakan Kerapu Cantik, aparat kelurahan dan tokoh masyarakat setempat.

Sambutan Kasie Pertanian Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Seribu Parsan mengawali seremoni penyerahan bantuan tersebut.

"Atas nama Pemkab dan Masyarakat Kepulauan Seribu, khususnya Pokdakan di Kelurahan Pulau Panggang, saya menyampaikan terima kasih kepada PT Pertamina PHE OSES, yang telah memberikan bantaun rumah apung produksi pakan ini," kata Parsan.

Dia menyebut, bantuan rumah apung tersebut sangat berguna bagi masyarakat, terutama para anggota pokdakan untuk lebih mengoptimalkan usaha budidaya ikan yang dilakukan.

"Bantuan rumah apung produksi pakan ini, sejalan dengan program Pemkab Kepulauan Seribu untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dari usaha budidaya perikanan. Namun, keterbasan anggaran menjadi kendala untuk mengoptimalkan program tersebut," ungkapnya.

Karena itu, lanjut dia, dukungan dan peran aktif swasta dan BUMN, seperti PT Pertamina PHE OSES sangat diperlukan.


Penyerahan bantuan rumah apung produksi pakan

Direktur Pertamina Regional Jawa Wisnu Hindadari menyampaikan, bantuan rumah apung produksi pakan itu bagain dari komitmen pelaksanaan CSR (corporate social responibiliy) atau tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat.

"Kami di Pertamina punya CSR yang namanya Palu Gada alias Apa yang Lu Perlu, Gue Ada. Lewat Palu Gada ini, menyalurkan bantuan CSR kepada masyarakat. Salah satunya rumah apung produksi pakan ini," Wisnu.

Target utama yang hendak dicapai melalui bantuan rumah apung produksi pakan tersebut, adalah mewujudkan kemandirian pakan, sekaligus meningkatkan produksi usaha budidaya perikanan yang dilakukan masyarakat, khususnya di Kelurahan Pulau Panggang.


Direktur Pertamina Regional Jawa Wisnu Hindadari (mengenakan topi) berbincang dengan ketua dan anggota Pokdakan Kerapu Cantik

"Mudah-mudahan dengan adanya rumah apung ini, pokdakan di Pulau Panggang bisa semakin mandiri dalam memproduksi pakan, sekaligus meningkatkan hasil produksi budidaya perikanan yang dilakukan, untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian," harapnya.

Ketua Pokdakan Kerapu Cantik, Kelurahan Pulau Panggang M Padil menyampaikan terimakasih kepada PHE OSES atas bantuan rumah apung produksi pakan tersebut.

"Semoga dengan rumah apung ini, soal pakan tidak jadi kendala lagi. Kita bisa produksi magot yang lebih banyak sebagai pakan ikan yang kami budidayakan," kata Padil.

Menurut dia, selama ini pihaknya kesulitan memenuhi kebutuhan bahan pakan untuk menunjang usaha budidaya perikanan yang dilakukan.

"Selama ini, untuk pakan kita juga pakai magot, tapi sangat terbatas. Sehari paling banyak kita bisa menghasilkan magot lim kilogram. Masih jauh dari standar kebutuhan pakan yang semestinya," tutur lelaki bertubuh kurus dengan warna kulit sedikit gelap itu.

Karena itu, dengan adanya rumah apung tersebut, Pokdakan Kerapu Cantik dapat memenuhi kebutuhan pakan ikan secara mandiri.

M Padil Ketua Pokdakan Kerapu Cantik, Kelurahan Pulau Panggang

"Dengan rumah apung ini, kami yakin bisa bisa memproduksi magot sesuai kebutuhan pakan ikan. Soal bahan magotnya, kita ambil dari limbah rumah tangga, masing-masing anggota kelompok. Intinya kami sangat terima kasih kepada PHE OSES. Sekali lagi terima kasih PHE OSES," kata Padil.

Selain rumah apung produksi pakan, PT Pertamina PHE OSES juga memberikan santunan kepada sejumlah anak yatim dan piatu di Kelurahan Pulau Panggang. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos