IIB Darmajaya Dapatkan Izin Buka Program RPL Tipe A2 Jenjang Pascasarjana

img
Rektor IIB Darmajaya Firmansyah Y. Alfian.

MOMENTUM, Bandarlampung -- Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya kembali mendapat izin menyelenggarakan Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) A2 pada 2 Program Studi (Prodi) Pascasarjana.

Program RPL untuk jenjang pendidikan Strata Dua (S-2), dibuka untuk Prodi Magister Manajemen (MM) dan Prodi Magister Teknik Informatika (MTI). “Program tersebut terbuka bagi para praktisi di bidangnya dan diakui kepakarannya menjadi SKS. Masa kuliah dapat ditempuh dalam waktu satu tahun,” kata Rektor IIB Darmajaya Firmansyah Y. Alfian, Ahad 30 Juli 2023.

Firmansyah juga menjelaskan izin tersebut dikeluarkan langsung Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) dalam penyelenggaraan RPL Tipe A2 Tahun 2023.

Izin untuk Prodi Magister Manajemen (MM), lanjut Firmansyah, berdasarkan nomor penyelenggara: 02200155101202313555 dan untuk Prodi Magister Teknik Informatika (MTI) berdasarkan nomor penyelenggara: 02200155101202313555. “Perkuliahan akan kita mulai Semester Ganjil 2023/2024 ini,” kata Ketua Aptisi Wilayah II-B. Lampung ini.

Firmansyah juga mengucapkan syukur Alhamdulillah atas kepercayaan Ditjen Diktiristek Kemdikbudristek RI yang menetapkan IIB Darmajaya sebagai penerima program bantuan pemerintah Penyelenggaraan RPL Tipe A2 Tahun 2023. “Semoga dengan diterimanya program bantuan ini kedua prodi itu dapat meningkatkan pembelajaran secara akademik dan output lulusannya semakin menjadi lebih baik dan menjadi lulusan yang lebih professional di bidangnya,” kata dia.

Rektor menambahkan RPL dibuka untuk mempercepat mahasiswa lulus dari kuliahnya. “Ini menjadi kemajuan dalam pendidikan di Indonesia dan membuat mahasiswa tidak lama dalam mengenyam masa pendidikan di perguruan tinggi.”

Program ini, lanjut Firmansyah, merupakan solusi bagi praktisi, anggota Polri, anggota TNI, kepala desa, dan pegawai lainnya yang ingin memeroleh gelar sarjana (S-2). “Pembelajaran hybrid (offline dan online),” kata dia.

Sebelumnya, IIB Darmajaya bersama 56 perguruan tinggi lainnya di Indonesia menjadi penerima bantuan penyelenggaraan RPL Tipe A (Sarjana/S-1) berdasarkan surat nomor: 3368/E2/DT.00.05/2023. Dalam pengumuman tersebut terdapat lima prodi yang menjadi penerima bantuan yaitu, Prodi Manajemen, Prodi Akuntansi, Prodi Sistem Informasi, Prodi Teknik Informatika, dan Prodi Sistem Komputer. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos