Bersama Kakanwil Kemenag, Baznas Lampung Bahas Desa Baznas

img
Foto bersama Kakanwil Kemenag dan pengurus Baznas Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Lampung terus bergerak untuk mewujudkan Desa Baznas dan Kampung Zakat Baznas.

Untuk mewujudkan program Desa Baznas yang merupakan inisiasi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi ini, Baznas Provinsi Lampung terus melakukan koordinasi dengan stakeholders.

Dipimpin oleh Ketua Baznas Lampung Dr. H. Iskandar Zulkarnain, Pimpinan Baznas melakukan Rapat koordinasi Desa Baznas dan Kampung Zakat Baznas 

bersama Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung Dr. H. Puji Raharjo, di kantor Kemenag Lampung, Selasa (1-8-2023).

Iskandar menjelaskan, Program Desa Baznas saat ini dalam pembahasan oleh Pemprov tentang Pergub tentang zakat.

Hasil rakor dengan Kakanwil Kemenag Lampung, mendukung penuh program ini. Karena itu, Kemenag akan memfasilitasi bersama sosialisasi tentang Pergub Zakat.

Bahkan kata Iskandar, Kemenag mengharapkan bulan Oktober atau November Lampung sudah melaunching Desa Baznas.

Bahkan menurut Kakanwil Kemenag Puji Raharjo, Desa Baznas akan dijadikan sebagai proyek perubahan Kanwil Kemenag Lampung. Dari UIN diharapkan mengeluarkan juknis Desa Baznas.

Kakanwil Kemenag Puji Raharjo menyarankan perlu ada percepatan pengumpulan dan pendayagunaan zakat. Langkahnya, lanjut Puji, dengan membuat payung hukum tentang pengelolaan zakat.

Dia juga menyarankan perlu ada kajian bersama dari perguruan tinggi dan Pemerintah, Biro Hukum dan Kementerian Agama.

Desa baznas adalah desa pemberdayaan, bukan desa yang sadar zakat. Pemberdayaaan yang bersumber dari zakat.

Kemenag dan UIN akan membuat tatakelola Desa Baznas. Puji berharap dalam dua bulan kedepan draft harus sudah diundangkan atau minimal draft sudah jadi.

Agar program Desa Baznas ini menjadi gerakan bersama, Puji mengharapkan pertengahan Agustus diadakan Forum Grup Discussion zakat. (*)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos