Hari Pramuka, Bupati Tanggamus Dorong Pemuda Kuatkan Komitmen Jaga Persatuan

img
Peringatan Hari Pramuka Tahun 2023 di Kabupaten Tanggamus.

MOMENTUM, Pematangsawa--Bupati Hj Dewi Handajani menjadi pembina ucapara Hari Pramuka di Bumi Perkemahan Pantai Khikit Pematang Sawa, Senin (14-8-2023).

Mengusung tema "Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional", peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-62 Pramuka turut dihadiri Kepala Dinas Sosial Zulfadli, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Bagus, Camat Pematan Sawa Saifuddin, KSPLP Berlian, Ketua Panitia Ansori, Kepala KUA Pematang Sawa Ali Mubasir, Kakwaran Pematang Sawa Sadewo, Panitia Pembina Kwaran dan Jajaran, Uspika Kecamatan, Kepala Pekon Betung, Kamabigus dan Pembina.

Bupati Dewi mengucapkan selamat kepada seluruh insan gerakan pramuka se Kabupaten Tanggamus, khususnya yang berada di Kecamatan Pematang Sawa. "Semoga peringatan ini semakin menguatkan komitmen kita bersama dalam dalam upaya menjaga kesatuan dan persatuan bangsa serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)," kata dia.

Untuk itu, bupati menambahkan, perlu terus dilakukan langkah-langkah nyata pembentukan karakter, sehingga anak-anak bangsa termasuk di Tanggamus, dapat tumbuh menjadi pribadi yang kuat, tangguh, yang siap mempertahankan tegaknya Pancasila dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

"Satu diantara langkah pembentukan karakter tersebut adalah melalui Gerakan Pramuka. Gerakan yang bertujuan pada pembentukan sumberdaya manusia secara utuh, kuat secara fisik dan mental, cerdas, disiplin, sekaligus bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta tanah air dan bangsa, dan kasih sayang kepada sesama manusia," ujar dia.

Lanjut bupati, merujuk pada pentingnya pembinaan generasi muda melalui gerakan Pramuka, sudah sepatutnya jika kita harus semakin menguatkan komitmen mendukung tumbuh kembangnya organisasi kepanduan ini. "Dengan Dasa Dharma Pramuka yang menjadi landasan atau janji Pramuka dalam bersikap dan bertindak, akan diperoleh pribadi yang berkarakter," terang dia.

"Beberapa hari lalu, dengan bangga kami melepas Kontingen Gerakan Pramuka Kwarcab Tanggamus yang berjumlah 42 personil terdiri dari 10 orang Pembina/offisial dan 32 orang peserta untuk mengikuti Raimuna Nasional dari tanggal 14 hingga 21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur," tambah dia.

Bupati melanjutkan, kontingen kita akan bergabung dan berbaur dengan lebih dari 25 ribu peserta yang merupakan Pramuka Penegak dan Pandega dari seluruh Indonesia, serta utusan dari negara tetangga/sahabat dan perwakilan perhimpunan pandu dunia.

"Saya merasa bangga dan apresiasi terhadap segala hal yang telah dikerahkan oleh Gerakan Pramuka Tanggamus dalam ikut membantu pelaksanaan menanggulangi bencana alam yang kerap menimpa daerah kita. Adik-adik Pramuka pada saat itu menjadi relawan penanggulangan bencana yang tanggap, tangguh dan dapat bereaksi cepat sesuai standar operasional prosedur yang ditetapkan, sehingga mampu meminimalisir korban atau dampak bencana yang lebih besar," pungkas bupati.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos