Rektor Ingatkan Internasionalisasi Lembaga di Pelatihan Bahasa

img
Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof H Wan Jamaluddin PhD.

MOMENTUM, Bandarlampung--Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof H Wan Jamaluddin PhD kembali ingatkan terkait program internasionalisasi di pelatihan Bahasa Inggris. Hal ini disampaikan saat monitoring pelatihan International English Language Testing System (IELTS) untuk dosen dan tendik di Kediri, Jawa Timur, Sabtu (12/8) malam.

Program pelatihan tersebut berlangsung selama 1 bulan, 17 Juli—15 Agustus 2023 secara intensif tatap muka, dan akan dilanjutkan secara daring selama 1 bulan berikutnya.

Menurut Rektor, salah satu program utama kampus ini perlu komitmen dan dukungan bersama seluruh sivitas akademika, seiring sejalan dengan peningkatan layanan dan mutu akademik maupun non-akademik. Ia mencontohkan, program pelatihan IELTS ini terbuka untuk seluruh dosen dan tendik dari semua jenjang serta unit kerja.

Saat ini, Prof Wan menjelaskan, melalui Pusat Pengembangan Bahasa (Pusba) sedang menyiapkan konsep kelas intensif Bahasa Arab dan Bahasa Inggris untuk mahasiswa. “Program seperti ini harus diperhatikan dan pertahankan. Kita harus seriusi semua itu dengan sungguh-sungguh,” ungkapnya.

Rektor mengingatkan untuk siap sedia menghadapi segala kondisi yang terduga. “Era digital sekarang ini semua serba cepat, ada ketidakpastian, keambiguan, jadi harus siap. Maka bahasa itu menjadi penting,” lanjutnya.

Dia juga akan merekomendasikan bagi sivitas akademika yang memiliki score IELTS 6.5 untuk studi di luar negeri. “Bapak/Ibu harus bisa improve terkait bahasa. Kalau IELTS-nya sudah 6.5, itu wajib ke luar negeri. Ini salah satu bentuk syukur terhadap kemampuan bahasa yang dimiliki,” tambahnya.

Sementara, Kepala Pusba Bambang Budi Wiranto PhD yang turut mendampingi Rektor menyampaikan bahwa pelatihan ini sebagai introduction IELTS dan penguatan kemampuan bahasa. “Kita seleksi peserta yang berangkat ini melalui pendaftaran, seleksi berkas, dan pra-test. Kita kirim ke sini (Pare) agar bisa fokus. Ini harus ada kelanjutan, tetap harus belajar lagi, dan ikut short course ke luar negeri jika ada kesempatan,” paparnya.

Program ini diselenggarakan oleh Pusba UIN Raden Intan Lampung bekerja sama dengan English Studio Indonesia. Pelatihan IELTS untuk dosen dan tendik ini merupakan yang kedua, setelah yang pertama berlangsung pada September-Oktober 2022.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos