Empat Angkatan Ikuti PKDP UIN RIL 2023

img
Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD memberikan sambutan pembukaan Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) 2023 di Hotel Emersia Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak empat angkatan mengikuti  Short Course Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) 2023 yang diselenggarakan oleh UIN Raden Intan Lampung.

Empat angkatan ini terdiri dari 160 dosen yang berasal dari perwakilan PTK regional provinsi Lampung dan Jawa Barat. Berasal dari 5 satuan kerja yakni UIN Raden Intan Lampung, IAIN Metro, Bimas Buddha, Kopertais Wilayah II dan Kopertais Wilayah XV.

Dalam pelaksanaannya, untuk angkatan I-III diselenggarakan pada 14-19 Agustus 2023. Sedangkan angkatan ke-IV yang berjumlah 40 dosen akan menyusul pelaksanaanya pada 21-26 Agustus mendatang.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD di Hotel Emersia Lampung, Senin (14-8). Ia menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat terlaksana sesuai dengan target yang diamanahkan.

“Berikan komitmen penuh dalam kegiatan PKDP ini, ikuti secara serius dan fokus, sehingga kegiatan ini betul-betul terlihat dampaknya pada performance institusi kita masing-masing” ujar Prof Wan.

Ini merupakan kali kedua UIN Raden Intan Lampung melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) menjadi salah satu Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) kegiatan PKDP diantara 19 kampus penyelenggara lainnya. 

PKDP merupakan amanah dengan pembiayaan dari anggaran Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kementerian Agama yang merupakan beasiswa kolaboratif antara LPDP-Kemenag, kategori Beasiswa Non Gelar.

Lebih lanjut Prof Wan menuturkan bahwa Kemenag RI memiliki harapan yang tinggi kepada para peserta untuk selalu dapat melakukan pengembangan kepada institusi dan menjadikan institusi masing-masing agar dapat memiliki daya saing yang tinggi.

“Ke depan bukan era yang semakin mudah, tapi tantangan semakin tajam, kompetisi semakin tinggi. Era disrupsi menghadirkan berbagai tantangan bagi kehidupan umat manusia, maka dibutuhkan bekal peningkatan kompetensi bagi kita semua, dalam hal ini untuk dosen pemula,” terang Rektor.

Hadir dalam pembukaan PKDP, Wakil Rektor III, Kepala Biro AAKK/Plt.AUPKK, Ketua Senat, Para Dekan, Wakil Direktur Pasca, Kepala SPI dan Kepala Pusat di lingkungan UIN RIL.

Adapun tujuan PKDP yaitu meningkatkan kapasitas profesionalisme dosen dalam melaksanakan tugas tridharma perguruan tinggi, meningkatkan pemahaman, komitmen, dan implementasi nilai-nilai kebangsaan serta moderasi beragama. Juga meningkatkan kemampuan beradaptasi terhadap perkembangan global dan nilai-nilai budaya kerja pada PTK. Dan tak kalah penting PKDP ini membekali pemahaman karier dan jabatan dosen.

Sementara, Ketua Pelaksana PKDP Prof Dr Sudarman MAg menuturkan, kegiatan PKDP ini dilaksanakan dalam 3 tahapan, yakni ISC I (In Service Course) selama 6 hari di Hotel Emersia Lampung, OJC (On the Job Course) selama 42 hari di satuan kerja masing-masing dan ISC II (In Service Course) selama 2 hari.

Prof Sudarman sekaligus Ketua LPM itu menambahkan, kegiatan PKDP akan diisi oleh narasumber yang terdiri dari 37 Trainer dan 48 Mentor PTP, 8 Evaluator serta 12 Trainer Pusat.

“Kita, UIN RIL memiliki kebanggaan yang luar biasa. Tahun lalu kita mengadakan di bulan Desember. Dalam Monev Kemenag tahun 2022, dinyatakan bahwa UIN RIL telah menyelenggarakan 3 angkatan PKDP dengan sangat baik, maka 2023 ini kita mendapatkan reward penambahan 1 angkatan lagi,” tuturnya.

Sebagai informasi, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Prof Dr Ahmad Zainul Hamdi MAg, mengawali pemaparan pertama usai pembukaan PTP dengan materi Roadmap peningkatan kapasitas PTKN yang dilakukan secara daring.(**)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos