Tiga Hari Ops Zebra, Polres Pringsewu Tindak 314 Pelanggar Lalin

img
Petugas Polres Pringsewu menindak pelanggar lalu lintas pada Operasi Zebra Krakatau 2023.

MOMENTUM, Pringsewu--Tiga hari berjalan Operasi Zebra Krakatau 2023, Polres Pringsewu dapat menindak 314 pelanggar lalu lintas. Mayoritas pelanggar didominasi pengendara motor.

Operasi kepolisian yang dilaksanakan secara serentak itu akan berlangsung selama dua pekan, dimulai 4 hingga 17 September 2023.

Hal itu disampaikan kasat Lantas Polres Pringsewu AKP Khoirul Bahri saat memimpin kampanye keselamatan lalu lintas di ruas Jalan Lintas Barat Sumatera, Pekon Gumukmas, Kecamatan Pagelaran, Rabu (6-9-2023).

"Pelanggaran hingga hari ketiga yang kami tindak dengan tilang berjumlah 49 sedang yang ditindak dengan teguran sebanyak 265 pengendara," jelasnya.

Dia mengungkapkan, mayoritas pelanggaran masih didominasi pengendara sepeda motor, dengan jenis pelanggaran terbanyak tidak memakai helm berstandar SNI yakni sebanyak 209 pelanggar. Disusul berbonceng lebih dari satu 44 pelanggar, berkendara dibawah umur 28 pelanggar. Lalu pelanggar tidak memakai sabuk pengaman 26 pelanggar dan membawa muatan berlebih atau over load sebanyak tujuh pelanggar.

Kasat Lantas Polres Pringsewu memaparkan bahwa terdapat 7 sasaran prioritas pelanggaran yang akan ditindak selama operasi berlangsung, yakni berkendara melebihi kecepatan, penggunaan handphone saat berkendara, dan pengemudi di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan terlarang.

"Lalu berkendara dibawah umur, pengendara berboncengan lebih dari satu orang, berkendara tidak menggunakan helm atau sabuk keselamatan serta berkendara melawan arus," bebernya

Iptu Khoirul Bahri menambahkan,  dilaksanakannya operasi zebra ini bertujuan menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Oleh karena itu ia mengimbau masyarakat pengguna jalan untuk terus tertib dan mematuhi peraturan berlalu lintas seperti memakai helm, memasang kelengkapan kendaraan dan tidak kebut-kebutan dijalanan.

"Terpenting lagi tidak lupa agar membawa identitas diri dan dokumen kendaraan saat bepergian," imbuhnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos