Siang Tadi, Rumah Seorang ASN di Balikbukit Ludes Terbakar

img
Rumah Hazani, ASN Lampung Barat, habis terbakar.

MOMENTUM, Balikbukit -- Rumah seorang aparatur sipil negara (ASN) di Pekon Way Empulau Ulu, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) ludes dilahap sijago sekitar Jumat 29 September 2023 sekitar pukul 12:30 WIB.

Rumah yang terbakar itu milik Hazani (50), ASN di Kabupaten setempat. Kebakaran terjadi saat kondisi rumah dalam kondisi kosong karena pemiliknya sedang bekerja.

Dugaan awal, pemicu kebakaran karena konsleting listrik.

"Dugaan sementara api berasal dari korsleting listrik. Kebakaran berasal dari dapur dan cepat merambat karena rumah tersebut banyak yang terbuat dari kayu," kata Peratin Pekon Way Empulau Ulu, Ahmad Kaswanto.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satpol-PP Lambar, Ruspel Gultom mengatakan, bahwa api telah berhasil dipadamkan. Dimana, pihanya sempat kesulitan dalam melakukan pemadaman dikarenakan kurangnya pasokan air diwilayah setempat.

Dikatakan, pihaknya mengerahkan tiga armada mobil pemadam kebakaran untuk pemadaman api di lokasi. Mobil pemadam itu berasal dari Balikbukit, Sukau dan Belalau.

"Api telah dapat dipadamkan, tidak ada korban jiwa dari kebakaran. Akan tetapi akibat kebakaran diperkirakan mencapai angka kurang lebih 300 juta rupiah," katanya.

Selain rumah yang hangus dan hampir rata dengan tanah, terdapat dua unit sepeda motor yang ikut terbakar.

"Rumah dan prabotan habis terbakar oleh api. Pemadaman kurang lebih satu jam," ucapnya.

Ruspel mengimbau kepada masyarakat untuk waspada kebakaran. Terlebih pada musim kemarau. Masyarakat diminta tidak sembarangan membakar sampah baik di sekitar rumah atau kebun.

"Ini musim kemarau, pasti api cepat membesar karena kondisi kering ditambah hembusan angin cukup kencang. Dengan itu masyarakat diminta bila menyalakan api harus dengan pengawasan," pungkasnya. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos