Metro Bangun Taman Lalu Lintas, Sarana Edukasi Anak Usia Dini

img
Proses pembuatan taman lalu lintas Dishub Kota Metro.

MOMENTUM, Metro--Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Metro membangun miniatur taman lalu lintas. Tujuannya, sarana edukasi taat berlalu lintas kepada anak usia dini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Metro, Helmy Zain mengatakan, tugas pokok Dishub salah satunya adalah meningkatkan keselamatan berlalulintas.

Oleh sebab itu, perlu adanya pembinaan dan edukasi lalu lintas kepada masyarakat umum.

"Kami di awal-awal tahun kemarin sudah melaksanakan program salud (sadar lalu lintas sejak dini). Program itu ditujukan untuk guru-guru PAUD. Karena sasaran kami dimulai dari anak-anak usia dini, jadi gurunya dahulu diberikan pelajaran tentang lalu lintas," kata dia, Kamis (5-10-2023). 

Dia mengungkapkan, tujuan dibangunnya taman lalu lintas itu agar bisa memberikan edukasi tetang tertib lalu lintas kepada anak-anak sejak usia dini.

"Maka kami bangunlah taman lalu lintas. Taman ini baru pertama kali dibuat di Provinsi Lampung khusus di Kota Metro. Program ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada anak-anak bagaimana ketika sedang berada di jalan, kemudian bagaimana mematuhi rambu lalu lintas dan tata cara berlalulintas yang benar. Kalau pengenalan ini ditanamkan sejak dini, akan tertanam ketika mereka dewasa nanti. Memang selama ini kami sering di kunjungi oleh siswa-siswa yang dari TK dan SD," ungkapnya. 

Dia menyebut, pembuatan miniatur taman lalu lintas tersebut merupakan program dari Kementerian Perhubungan. 

"Jadi dari Kementerian Perhubungan ini memang ada program keselamatan berlalulintas, yang salah satunya adalah pembuatan taman lalu lintas," ujarnya. 

"Kalau untuk daerah-daerah di pulau Jawa, seperti Bandung, ataupun kota-kota besar mereka sudah ada. Maka, di Lampung ini kami coba untuk membuat taman tersebut di Kota Metro," imbuhnya. 

Dia menjelaskan, ketika taman tesebut sudah selesai dibangun, akan diperkenalkan oleh masyarakat umum.

"Kami akan mengundang masyarakat umum, dalam arti disini anak sekolah mulai dari tingkat TK, SD, SMP, dan SMA. Untuk memperkenalkan tentang tata tertib berlalulintas yang benar. Karena, disini kami juga ada program pelajar pelopor keselamatan berlalulintas," jelasnya. 

Dia berharap, program tersebut bisa bermanfaat untuk masyarakat luas.

"Kami berharap dengan dibangunnya taman lalu lintas ini, dapat meminimalisir angka kecelakaan saat berlalulintas," katanya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos