Pemadam Kesulitan Padamkan Kebakaran di TPA Bakung

img
Petugas pemadam berjibaku memadamkan kebakaran di TPA Bakung Telukbetung Barat Bandarlampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Petugas pemadam kesulitan memadamkan kebakaran yang terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung Kecamatan Telukbetung Barat, Bandarlampung. 

Berdasarkan pantauan harianmomentum.com, Jumat 13 Oktober 2023, kebakaran yang terjadi sejak 17.30 hingga pukul 20.00 Wib belum dapat dipadamkan, bahkan api masih terus meluas.

Baca Juga: Bau Tak Sedap Akibat Kebakaran TPA Bakung Ganggu Warga

Puluhan personel Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandarlampung dibantu dua alat berat (excavator) milik dinas lingkungan hidup setempat masih berjibaku untuk menjinakkan si jago merah. 

Kabid Sarpras Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandarlampung, Heliansyah mengatakan, cukup kesulitan memadamkan api karena medannya sulit dijangkau. 

"Sulit dijangkau, karena pokok yang terbakar ada di tengah-tengah tumpukan sampah, jadi kami cukup kesulitan," ucap Heliansyah kepada harianmomentum.com, Jumat (13-10). 

Alek pekerja di TPA Bakung mengatakan, selain api yang begitu besar asap tebal berbau tak sedap juga membumbung tinggi. 

"Tadi sore sekitar pukul 17.30 kebakarannya, masih belum tau penyebab kebakaran karena apa," kata Alek, saat ditemui di lokasi. 

Alek mengatakan, akibat kebakaran tersebut warga sekitar kesulitan bernafas karena asap yang begitu tebal. 

"Dari kebakaran sampah itu kami sulit bernafas, asapnya bau," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandarlampung Budiman P Mega mengatakan, kobaran api masih terlihat hingga puluhan meter sejak pukul 17.30 WIB sore tadi.

"Dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan dan akan terus berdatangan karena melihat situasi di tumpukan sampah ini rata-rata berbahan pelastik,"katanya.

Tak hanya itu, dua unit alat berat juga diterjunkan untuk memutus kobaran api yang terus menjalar.

"Dua unit ekskavator juga dikerahkan untuk memisahkan tumpulan sampah-sampah agar tidak menjalar," pungkasnya.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa itu, hingga berita diturunkan petugas pemadam masih terus berupaya memadamkan api.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos