RSUDAM Gelar Operasi Katarak Gratis hingga Donor Darah

img
Operasi katarak di RSUDAM. Foto Istimewa

Harianmomentum.com— Pemprov Lampung melalui Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) menggelar bakti sosial (baksos) berupa operasi katarak gratis, deteksi kanker serviks dengan pemeriksaan inspeksi visual asam (IVA) dan papsmear gratis, serta donor darah.

 

Direktur Utama RSUDAM Heri Joko Subandrio mengatakan, baksos merupakan upaya untuk menuju masyarakat hidup sehat.

 

"Kegiatan yang dilaksanakan merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat Lampung menuju hidup sehat. Untuk operasi katarak, dilaksanakan di Instalasi bedah central RSUDAM yang merupakan instalasi bedah terbaik di Lampung," kata Heri, Sabtu (25/11).

 

Selain bakti sosial, jelas heri, juga dilaksanakan berbagai perlombaan antar instansi di RSUDAM yakni ruangan dengan penerapan standar akreditasi terbaik, lomba ruangan terbersih, lomba ruangan dengan tertib administasi JKN, kepala ruangan dengan penatalaksanaan ruangan terbaik, dokter dengan pengelolaan rekam medik terbaik, lomba senam germas dan lomba capacity building.

 

Baksos itu diikuti oleh 270 orang peserta operasi katarak, IVA dan Papsmear 230 orang, serta donor darah 120 orang.

 

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra,  Heri Suliyanto, saat membacakan sambutan Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di RSUDAM menuturkan, baksos itu merupakan kepedulian sosial Pemerintah Provinsi Lampung terhadap masyarakat untuk mewujudkan RSUDAM menjadi sahabat masyarakat menuju Lampung sehat.

 

Lebih lanjut Heri menjelaskan, salah komponen terpenting dalam pencegahan penyakit adalah perilaku yang dipengaruhi dengan kualitas lingkungan, serta sarana dan prasarana kesehatan. Sehingga perlu berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya didalam lingkungan keluarga.

 

Selanjutnya Heri mengungkapkan, dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Lampung, Pemerintah Provinsi Lampung juga terus mendukung sepenuhnya RSUDAM Provinsi Lampung untuk menjadi RS terbaik se-Sumatera. Hal ini terlihat dengan dianggarkannya dana untuk peningkatan pelayanan di RSUDAM Provinsi Lampung pada tahun 2017 sebesar Rp 147 miliar.

 

Dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, RSUDAM Provinsi Lampung telah memiliki beberapa alat canggih seperti alat canggih kateterisasi jantung dan angiografi (cath lab), CT Scan 128 Slice, dan alat laparoskopy, anastesi machine, bed side monitor, dan berbagai alat canggih lainnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Heri Suliyanto, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, beserta rombongan melakukan peninjauan kepada pasien katarak di ruang operasi katarak. (ira)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos