Kebakaran Kandang di Pringsewu, Ribuan Bibit Ayam Potong Ludes

img
Aparat Polsek Sukoharjo mengindentifikasi lokasi kandang berikut ayamnya yang terbakar.

MOMENTUM, Pringsewu--Kebakaran hanguskan kandang ayam di Pekon/Desa Pandansari Selatan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu, Minggu (22-10-2023).

Kejadian itu menyebabkan ribuan bibit ayam potong dan kerugian mencapai Rp350 juta.

Peritiwa yang terjadi pada Minggu pagi itu pertama kali diketahui penjaga kandang. Penjaga mengetahui api muncul dari bagian tengah kandang yang kemudian dengan cepat menyebar ke seluruh bangunan.

Kapolsek Sukoharjo Iptu Poltak Pakpahan mewakili Kapolres AKBP Benny Prasetya membenarkan kejadian kebakaran kandang ayam tersebut.

"Api baru bisa dipadamkan dua jam kemudian atau sekitar pukul 09.30 Wib, setelah datangnya bantuan satu unit mobil pemadam kebakaran," kata kapolsek.

Iptu Poltak Pakpahan menuturkan, kandang yang terbakar berukuran 40x8 meter dan baru lima hari di isi 6.500 ekor bibit anak ayam. "Selain membakar bangunan dan bibit ayam, jilatan api juga menghanguskan 40 sak pakan ayam dan delapan unit blower serta peralatan makan minum ayam," terangnya.

Akibat kebakaran ini, pemilik kandang Triyono (52) warga Pekon Pandansari Selatan, Kecamatan Sukoharjo menderita kerugian material mencapai Rp350 juta.

Kapolsek mengungkapkan, pihaknya telah mendatangi dan melakukan penyelidikan di lokasi kejadian. Hasilnya, dia menduga pemicu kebakaran akibat adanya korsleting di bagian tengah kandang. 

"Proses penyelidikan masih berlanjut namun dugaan awal penyebab kebakaran ini karena hubungan arus pendek listrik (korsleting)," ungkap Kapolsek Sukoharjo.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos