DCT DPR RI Lampung II PKB Didominasi Perempuan

img
Tangkapan layar DCT DPR RI.

MOMENTUM, Bandarlampung -- Calon Anggota DPR RI Dapil II Lampung untuk Pemilu 2024 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) didominiasi calon legislatif atau caleg perempuan. Dari 10 caleg, hanya dua yang laki-laki.

Daerah pemilihan atau dapil II Lampung mencakup tujuh kabupaten: Lampung Tengah, Lampung Utara, Tulangbawang, Lampung Timur, Waykanan, Mesuji, dan Tulangbawang Barat.

Di dapil tersebut, dua nomor teratas ditempati keluarga Chusnunia Chalim alias Nunik. Mantan Wakil Gubernur Lampung yang juga Ketua PKB Lampung ini berada di nomor satu. Sedang nomor urut dua diduduki adik ipar Nunik yakni Didiet Mardhiansyah Fitrah. 

Sementara empat nomor berikutnya, diisi caleg perempuan dari Lampung Timur. Yaitu, secara berurutan: 3. Nabila Muzayyanah Ramadhyani Hilda, 4. Eka Astuti, 5. Desi Wulandari, dan 6. Amanda Wijaya.

Kemudian, nomor urut 7 diisi Verlantari Azharra Mutiara Subing dari Kota Bandarlampung dan Lestari Permata Ningrum menempati nomor urut 8 dari Tulangbawang.

Selanjutnya, nomor urut 9 diisi Nur Shofariatul Ulum dari Kota Bandarlampung dan nomor urut 10 diisi Firlina Khumairoh Nurusyarifah dari Bandarlampung.

Mereka akan bertarung bersama 9.907 caleg lain yang ada di 84 Dapil, untuk mendapatkan 580 kursi di senayan.

Dari website KPU RI yang diakses pada Senin 6 November 2023, disebutkan Dapil II Lampung, seperti pemilu 2019, akan tersedia jatah 10 kursi. Begitupun Dapil Lampung I.

Diketahui, Daftar Calon Tetap (DCT) DPR RI yang telah ditetapkan KPU berjumlah 9.917 caleg.

"Kita tetapkan DCT hari ini 9.917 ini meliputi 18 parpol," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam konferensi pers di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (3-11-2023) lalu.

Sebagai informasi, pengumuman dan penetapan DCT DPR RI Pemilu 2024 dilakukan serentak di tiap tingkatan. 

Untuk DPRD Provinsi pengumuman dan penetapan dilakukan KPU provinsi, sementara untuk DPRD kabupaten/kota pengumuman dan penetapan dilakukan KPU kabupaten/kota. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos