BRInita, BRI Dukung Urban Farming di Bandarlampung

img
Pemanfaatan lahan sempit untuk pengembangan pertanian di perkotaan.

MOMENTUM, Bandarlampung--PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui Program Bertani di Kota atau BRInita terus mewujudkan komitmen tanggung jawab sosial dan lingkungan untuk mendorong perbaikan ekosistem lingkungan.

Kali ini BRI bersama Ikatan Wanita Bank Rakyat Indonesia (IWABRI) melalui program BRI Peduli Bertani di Kota (BRInita) memberikan bantuan bagi warga yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Mandiri Sejahtera di Kelurahan Surabaya, Kecamatan Kedaton, Kota Bandarlampung.

Bantuan tersebut berupa fasilitas, infrastruktur, bibit, hingga pelatihan urban farming atau hidroponik.

Ketua KWT Mandiri Sejahtera, Ibu Sutihat, mengatakan BRInita dan Iwabri membantu masyarakat dalam mengoptimalkan lahan yang ada. Sehingga mampu memberikan manfaat, baik dari sisi sosial, ekonomi maupun pelestarian lingkungan.

Selain itu lingkungan kampung kami juga menjadi terlihat lebih bagus, bersih, dan asri.

Dia menegaskan, manfaat yang dihasilkan tak sebatas membuat lahan kota menjadi lebih hijau. Namun hasil panen juga kami manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat sekitar dan kami berikan gratis untuk penanganan stunting bagi balita dan anak-anak dilingkungan sekitar.

Sutihat menyampaikan bahwa hasil dari sayuran hidroponik ini juga mampu memberikan keuntungan. Hasil penjualan sayuran dimasukkan ke dalam kas KWT Mandiri Sejahtera dan dikelola untuk pembelian bibit, nutrisi, dan pemeliharaan tanaman.

"Kami sangat mengucapkan terima kasih kepada BRI dan Iwabri yang telah memberikan bantuan sarana urban farming dan selalu memberikan pendampingan dan edukasi secara langsung kepada kami sehingga sampai dengan saat ini tercatat kami sudah melakukan 5 kali panen raya sayuran hidroponik," tambah Sutihat.

Selain itu, Yuli, salah seorang warga mengaku sekarang masyarakat telah merasakan manfaat dari kesuksesan urban farming.

"Berkat bantuan ekosistem urban farming ini kami merasa sangat terbantu, sayuran yang dihasilkan bermanfaat untuk konsumsi rumah tangga dan memenuhi kebutuhan gizi anak-anak. Semoga BRI sukses selalu," kata dia.

Terkait dengan bantuan tersebut, Regional CEO BRI Bandar Lampung, Bernadi Kurniawan mengungkapkan bahwa BRI terus mewujudkan komitmen tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan menyalurkan program yang dapat mendorong perbaikan ekosistem lingkungan. Program BRInita merupakan komitmen BRI untuk pelestarian lingkungan di tengah kota yang memanfaatkan lahan sempit di wilayah padat pemukiman.

"Program ini dilaksanakan di 18 kota di Indonesia, dan di Provinsi Lampung ini kami salurkan ke warga di Kelurahan Surabaya, Kecamatan Kedaton, Kota Bandarlampung. Bantuan yang kami berikan berupa hidroponik 14 unit (100 lubang/unit) untuk Pakcoy & Selada, vertikultur 7 unit untuk sayuran sejenis kangkung, hidroponik media ember 7 unit untuk Cabe & Terong, tabulampot untuk 40 pot tanaman Alpukat, tanaman rambat  jenis kacang-kacangan, pembuatan gapura & mural dinding/tembok”, kata Bernadi.

Bernadi menambahkan, melalui pogram BRInita ini kami juga memberikan pendampingan dan edukasi secara langsung kepada ibu-ibu KWT Mandiri Sejahtera. Pemberian pendampingan dilakukan oleh Iwabri bersama komunitas Ayo Menanam Indonesia yang sudah berhasil mengembangkan urban farming hidroponik. 

"Kami berharap bantuan ini terus berjalan berkelanjutan untuk menjadi wadah positif bagi masyarakat. Semoga cerita di KWT Mandiri Sejahtera tersebut menjadi kisah inspiratif yang dapat ditiru oleh kelompok-kelompok lainnya," tambah Bernadi.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos