Pringsewu Terima Penghargaan Kinerja Insentif Fiskal dari Wakil Presiden

img
Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah dan piagam penghargaan kinerja Insentif Fiskal dari Wakil Presiden RI.

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Kabupaten Pringsewu memperoleh Penghargaan Kinerja Insentif Fiskal kategori Upaya Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem tahun 2023 dari Wakil Presiden Republik Indonesia.

Penghargaan itu  Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin kepada Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah pada Rapat Koordinasi Nasional di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Kepala Sub Bagian Protokol Pemkab Pringsewu Ali Syahputra yang mendampingi Adi Erlansyah, mengatakan Wapres Ma’ruf Amin meminta agar pemerintah daerah yang memperoleh insentif, memanfaatkannya dengan baik dalam usaha menghapus kemiskinan ekstrem hingga nol persen pada 2024. 

"Maksimalkan dana insentif untuk memperkuat strategi penghapusan kemiskinan ekstrem, utamanya untuk kegiatan yang manfaatnya langsung diterima oleh masyarakat,” katanya mengutip Wakil Presiden RI.

Ma'ruf Amin juga meminta agar target penerima program kemiskinan ekstrem ini menggunakan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE), sehingga lebih tepat sasaran dalam intervensinya. Terutama, kelompok masyarakat miskin dengan akses terbatas, serta penduduk lansia dan penyandang disabilitas.

Wapres  juga mengingatkan waktu yang tersisa yakni tinggal satu tahun hingga menuju target penghapusan kemiskinan ekstrem nol persen pada 2024 mendatang, sebagaimana  dicanangkan oleh pemerintah. 

Oleh karena itu, konsistensi seluruh pimpinan daerah diharapkan tetap terjaga, terutama dalam melaksanakan strategi pengurangan beban pengeluaran masyarakat, peningkatan pendapatan berkelanjutan kelompok masyarakat miskin ekstrem dan penurunan jumlah kantong-kantong kemiskinan. 

"Selain itu, pemberdayaan masyarakat yang mengedepankan aspek pertumbuhan, keadilan sosial dan keterjangkauan agar menjadi perhatian bersama," katanya. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos