Pemkab Pringsewu Jalin Kerja Sama dengan Pemkab Gunungkidul

img
Pemerintah Kabupaten Pringsewu menjalin kerja sama dengan Pemkab Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta di bidang pemerintahan, pembangunan dan pengembangan potensi daerah.

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Kabupaten Pringsewu, Lampung menjalin kerja sama dengan Pemkab Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta di bidang pemerintahan, pembangunan dan pengembangan potensi daerah. 

Naskah kerja sama atau memorandum of understanding (MoU) ditandatangani Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Adi Erlansyah dan Bupati Gunungkidul Sunaryanta pada Muhibah Budaya Kabupaten Pringsewu di Auditorium Taman Budaya Gunungkidul, Kota Wonosari, pada Jumat 24 November 2023.

Turut menyaksikan penandatanganan MoU tersebut, Sekda Gunungkidul Sri Suhartanta beserta sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemkab Gunungkidul dan Pringsewu. Termasuk Ketua TP-PKK  dan Dekranasda Pringsewu dan Gunungkidul. 

Adi Erlansyah berharap kerja sama ini mempererat silaturahmi serta menunjang upaya mewujudkan proses pembangunan yang berkelanjutan di daerah masing-masing.

Serta saling berbagi program kerja yang bersifat membangun antarkabupaten, menanggulangi masalah yang timbul baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

"Dengan harapan akan membawa dampak terhadap kesejahteraan masyarakat, meningkatkan pemahaman dan toleransi sehingga konflik antardaerah dapat diantisipasi, sehingga akan menunjang pelaksanaan fungsi pelayanan publik,"harapnya.

Pemkab Pringsewu menyambut baik dan tangan terbuka atas gagasan dan inovasi dari Pemkab Gunungkidul demi kelancaran kerja sama penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pengembangan potensi daerah melalui sinergitas kegiatan dan potensi yang dimiliki masing-masing kabupaten.

"Semoga MoU ini akan dapat segera ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama oleh masing-masing perangkat daerah sesuai tupoksi dan potensi yang dimiliki,"ujarnya.

Sementara Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan, MoU kerjasama di bidang pemerintahan, pembangunan dan pengembangan potensi daerah ini adalah bentuk penghormatan dan kebersamaan serta persahabatan antara Kabupaten Pringsewu dan Gunungkidul.

"Mudah-mudahan dengan bentuk kerjasama,  persahabatan yang baik ini tidak hanya berhenti malam hari ini, tetapi ini adalah bagian terpenting bagaimana kekuatan antarwilayah dapat dipadukan untuk kemajuan bersama,"ucapnya.

Terpisah, diwaktu yang sama, hasil kerajinan kain tapis dari Kabupaten Pringsewu menarik perhatian dan minat masyarakat Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Hal tersebut terlihat ramainya pengunjung di Stan Dekranasda Kabupaten Pringsewu pada kegiatan Muhibah Budaya Kabupaten Pringsewu  di Taman Budaya Kabupaten Gunungkidul di Kota Wonosari.

Jajaran pemerintah daerah beserta masyarakat Gunungkidul tampak antusias melihat stan yang memang dipersiapkan untuk mengenalkan serta mempromosikan hasil kerajinan tapis dari Kabupaten Pringsewu. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos