Kebakaran di Springhill, Uang Tunai Ratusan Juta dan Sertifikat Hangus Terbakar

img
Suasana penanganan kebakaran rumah mewah di Perumahan Springhill, Bandarlampung. Foto: Ardiansyah

MOMENTUM, Bandarlampung-- Sebuah rumah mewah di Kelurahan Kemilingpermai, Kecamatan Kemiling, Bandarlampung, hangus terbakar. Korban sebut uang tunai Rp100 juta dan beberapa sertifikat tanah ikut ludes dilalap sijago merah, Selasa (5-12-2023) malam. 

Rumah berlantai dua yang berada di kawasan perumahan mewah, Springhill tersebut milik Intan (30). Rumah tersebut terbakar saat ia dan keluarganya sedang keluar untuk makan malam. 

Baca Juga: Rumah Mewah di Springhill Kemiling Terbakar

Dia menjelaskan, mengetahui rumahnya terbakar saat dihubungi oleh tetangganya. 

"Posisinya kita (keluarganya- red) lagi pada pergi, baru keluar lingkungan Bukit Kemiling Permai (BKP), sudah ditelepon sama tetangga bahwa rumah kami mengeluarkan asap di bagian kamar lantai dua," kata Intan kepada wartawan, Selasa (5-12). 

Setibanya di rumah, dia mengatakan bahwa melihat api sudah mulai membesar sekitar pukul 19.10 Wib. 

"Kita sampai di rumah api sudah besar. Awal kejadiannya seperti apa saya kurang tahu secara detail," ucapnya. 

Selain kamar di lantai dua, dia menjelaskan bahwa terdapat uang tunai dan sejumlah sertifikat tanah hangus terbakar. 

"Di bagian lantai dua terbakar semua. Ada uang, sertifikat tanah dan dokumen penting lainnya. Uangnya sekitar Rp100 juta," ucapnya. 

Meski demikian, dia belum mengetahui penyebab pasti api muncul.

Namun, ia menduga api muncul akibat dari pembasmi nyamuk yang masih tercolok di kamar lantai dua. 

"Hit (obat nyamuk listrik) di kamar lantai dua memang engga dicabut, biasanya memang begitu. Api baru padam sekitar jam 8 malam,"pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Bandarlampung, Anthony Irawan memenjelaskan bahwa merima laporan dari warga sekitar pukul 19.11 Wib. 

"Kita menerjunkan empat armada pemadam kebakaran beserta 25 personil. Alhamdulillah api berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.00 Wib. Tidak ada korban jiwa," kata Anthony. 

Untuk penyebab kebakaran, dia mengatakan diduga akibat korsleting listrik colokan pembasmi nyamuk. 

"Untuk kepastiannya masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Kondisi api yang terbakar bangunan dua lantai tetapi yang terbakar di lantai dua saja. Alhamdulillah tidak semua terbakar, hanya ada satu kamar yang terbakar di bagian lantai dua," jelas dia.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos