Pesawaran Gelar Pelatihan Posyantek

img
Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi memberikan bingkisan kepada peserta pelatihan Posyantek.

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran menggelar Pelatihan Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek), Rabu (29/11). 


Kegiatan yang beralngsung di gedung serba guna kantor pemkab setempat itu diikuti para kader Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK).


Ketua TP PKK Pesawaran Nanda Indira Dendi mengatakan, pelatihan tersebut  sebagai pendorong upaya mencapai perubahan di bidang ekonomi dan sosial budaya kemasyarakatan. 


Dia menerangkan, Posyantek adalah lembaga kemasyarakatan yang berfungsi memberikan pelayanan teknis, informasi, promosi dan orientasi tentang Teknologi Tepat Guna (TTG).


“Salah satu upaya memperkuat pemanfaatan TTG harus melalui pemberian keterampilan dan kapasitas kelompok perempuan yang terorganisir dalam TP PKK di setiap tingkatan. Ini sesuai yang tertuang dalan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permandagri)  Nomor 1 Tahun 2013 tentang pemberdayaan masyarakat melalui gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga,“ terangnya.


Dia berharap, masyarakat khususnya kadar PKK di Kabupaten Pesawaran memiliki kemampuan mengorganisasi para penggiat TTG. Kemudian, kedepan dapat menggali ragam potensi TTG, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


"Fokus pemberdayaan TTG  memiliki relevansi dengan Permendagri Nomor 1 Tahun 2013, tentang pemberdayaan masyarakat. Dengan demikian, PKK mempunyai peran strategis dalam pemberdayaan dan pengembangan produk- produk TTG  sebagai pembangkit sumber daya ekonomi keluarga," jelasnya .

(doy)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos