Zulhas Pertegas Posisi Jokowi di KIM, Bukan dengan Megawati

img
Zulkifli Hasan dan Joko Widodo. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mempertegas bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) benar-benar berada di tubuh Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Hal itu ditegaskan Wakil Sekretaris PAN Lampung Firman Seponada usai Zulkifli Hasan atau Zulhas menyebut Jokowi bergabung dengan PAN beberapa waktu lalu.

"Ketum (Zulhas) ini kan cerdas ya, untuk menepis isu bahwa Presiden Jokowi masih bersama Megawati untuk mengatur politik di tanah air. Maka, Ketum menegaskan bahwa saat ini Jokowi benar berada di koalisi Indonesia maju," kata Firman, Rabu (13-12-2023).

Kemudian, lanjut dia, Ketum menyebut bahwa Jokowi bagian dari PAN karena satu koalisi.

"Karena kalau sudah bergabung di satu koalisi ya keluarga besar," ujarnya.

Ia mengaku, kalau pun nanti Jokowi benar-benar masuk ke PAN pihaknya akan menerima dengan senang hati.

"Saya rasa bukan hanya PAN, partai lain juga akan sangat senang jika ada tokoh besar bergabung ke partainya. Tapi tergantung pak Jokowi nantinya mau ke mana," terangnya.

Sebelumnya, Zulkifli Hasan melakukan kampanye di Labuanbajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusatenggara Timur (NTT), Sabtu, 9 Desember 2023.

Saat memberikan arahan ke ribuan kader PAN di wilayah itu, Zulkifli Hasan secara gamblang mengeklaim Presiden Jokowi telah bergabung dengan PAN, tidak lagi menjadi anggota partai sebelumnya. 

"Sekarang Pak Jokowi itu partainya PAN. Sudah enggak (partai) yang lama, ribut terus," kata pria yang akrab disapa Zulhas itu.

Zulhas menyebut, PAN merupakan partai yang selalu membawa aura gembira. 

Menteri Perdagangan itu mengatakan, dinamika berpartai di PAN tidak ada marah-marah. 

"PAN juga menghadirkan hubungan yang egaliter, mencintai satu sama lain, saling menghormati dan mencintai satu sama lain," ujarnya.

Sementara, Presiden Joko Widodo juga merespon pernyataan Zulhas yang menyebut eks wali kota Surakarta itu kini sudah menjadi kader PAN.

Menurut Jokowi, PAN merupakan parpol koalisi pemerintah. Sehingga dia menilai sama saja jika pemerintah menjadi keluarga PAN.

"Ini partai PAN ini kan masuk koalisi pemerintah jadi PAN itu masuk ke keluarga kita. Kalau kita jadi keluarga PAN ya sama saja kan?," kata Jokowi.

"PAN masuk keluarga kita, kita masuk keluarga PAN," tegasnya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos