Kapolda Ajak Media Jaga Kondusifitas di Pemilu 2024

img
Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika bersama Ketua Bawaslu Lampung, Ketua KPU Lampung, Sekjen PWI Lampung bersama jajaran pemred media. Foto : Ardiansyah.

MOMENTUM, Bandarlampung--Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Lampung, Irjen Pol Helmy Santika mengajak media massa berperan mengawal dan menjaga kondusifitas kontestasi Pemilu 2024. 

Kapolda menyampaikan hal itu saat silaturahmi dengan pemimpin redaksi (pemred) media se-Lampung, di Gedung Siger Lounge, mapolda setempat, Kamis (15-12-2023) malam. 

Menurutnya, pelaksanaan Pemilu 2024 memiliki karakteristik situasi dan kondisi berbeda dibandingkan Pemilu 2019.

"Sekarang sudah masuk tahapan kampanye Pemilu 2024. Pemilu ini memiliki karakter berbeda dibanding 2019. Kami harus mampu mengkonsolidasikan kekuatan untuk mengamankan wilayah kami sendiri, karena seluruh Polda maupun Polres jajaran juga melangsungkan Pemilu," kata Irjen Pol Helmy Santika, Kamis (14-12-2023) malam. 

Helmy mengatakan, pihaknya bersama Polres jajaran saat ini mulai melakukan persiapan dini di Pemilu 2024 mendatang. 

"Seperti kesiapan personel, kebutuhan logistik, hingga kegiatan pendukung lainnya, guna berkontribusi dalam urusan pengamanan wilayah hukum Polda Lampung," ujar dia. 

Oleh sebab itu, lanjut dia, peran media begitu penting untuk menyebarkan atau mengabarkan kegiatan Polda Lampung kepada masyarakat. 

"Kami perlu masyarakat tahu apa yang sudah kami kerjakan, karena ini bentuk pertanggungjawaban kami ke masyarakat. Untuk itu, peran strategi dengan media harus bisa berjalan beriringan," urainya.

Dia berharap, hubungan media massa dengan aparat penegak hukum kepolisian dapat berjalan dengan baik.

"Mudah-mudahan hubungan ini, bukan sekedar hubungan formil tapi hubungan persaudaraan," ucap dia. 

Dia menjelaskan, saat ini media membutuhkan konfirmasi dan verifikasi terhadap pengecekan fakta lapangan dalam suatu penyampaian pemberitaan. 

Dengan demikian, kata dia, telah meminta para jajaran pejabat utama (PJU) tak antipati terhadap jurnalis.

"Sudah saya sampaikan kepada para PJU, jangan sampai wartawan lebih senang tanya ke kapolda karena lebih cepat dijawab," ujarnya. 

Helmy juga mengingatkan, perkembangan dunia teknologi di masa sekarang tidak sedikit disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk kepentingan suatu kelompok maupun golongan, dengan menyebarluaskan hoaks hingga ujaran kebencian.

"Sinergitas media dengan Polda Lampung semoga bisa tetap kita jaga, tentunya, dalam upaya memberikan situs provinsi yang kondusif tertib dan lancar. Pemilu di Lampung harus berjalan aman dan lancar," tandas kapolda.(*)







Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos