Kendala Input Data Diri, Calon KPPS di Tanggamus Ditenggat 24 Januari

img
Suasana pendaftaraan calon KPPS di Kabupaten Tanggamus.

MOMENTUM, Kotaagung--Sejak diumumkannya KPPS terpilih masih ada kandidat yang kesulitan menginput atau memasukkan data diri melalui aplikasi online Siakba, Selasa (9-1-2024).

Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Tanggamus Amhani mengatakan, calon KPPS masih dalam proses pengadministrasian mandiri login/masuk ke aplikasi SIAKBA dengan menggunakan akun dan password via email mereka masing-masing.

"Dalam tahapan pembentukan KPPS ini, sesuai jadwal yang telah ditentukan yaitu hingga tanggal 10 Januari, namun jika masih belum dapat login semua maka KPU  RI melalui Biro SDM dan PUSDATIN memberikan tenggat waktu unggah data hingga 24 Januari 2024," kata Amhani, Selasa (9-1).

Menurut dia, hal itu dilakukan sebagai langkah antisifatif lembaga terhaadap kendala teknis, di lapangan seperti susahnya sinyal, atau kendala susahnya memasukkan data KPPS karena email yang sudah terpakai, sehingga perlu ganti akun.

Dia melanjutkan, kendala lain misalkan email atau password yang digunakan tidak sesuai, dan ini membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi masa unggah data masih terus dilakukan, sehingga dapat dipastikan tanggal 24 januari 2024 sudah terinput semua ke aplikasi SIAKBA.

Sesuai hasil monitoring KPU Kabupaten Tanggamus, terpantau ada beberapa Kecamatan yang sukses unggah data, lancar tanpa kendala, meski sebagian kecamatan dan beberapa desa yang "blank spot".

Blank spot adalah kondisi di mana suatu tempat tidak tersentuh atau tercover sinyal komunikasi. Baik untuk komunikasi analog seperti jaringan telepon atau komunikasi digital seperti jaringan internet.  

Calon anggota KPPS dalam upaya login pengadministrasian mandiri ini, tidak terlepas dari pengawasan dan arahan dari PPS setempat dan PPK untuk melakukan pendampingan saat suvervisi langsung di sekretariat PPS.

Dia melanjutkan, calon anggota melakukan pendataan mandiri ini secara bersamaan, hal ini juga yang menyebabkan aplikasi siakba "maintance" hingga lelet karena digunakan secara bersamaan oleh kandidat di seluruh Indonesia.

"Bagi calon anggota KPPS yang sedang dan proses unggah data terkendala upload, ditengarai bahwa server aplikasi Siakba sedang dalam gangguan. Tapi tidak mengurangi proses pembentukan KPPS, yang pastinya mereka yang sudah terpilih akan ditetapkan dan dilantik pada tanggal 24-25 Januari mendatang," terangnya.

Sementara termonitoring sampai saat ini, upload (unggah) data pengadmnistrasian mandiri KPPS Se-Kabupaten Tanggamus mencapai 56 persen. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos