UKW Gratis, PWI Lampung Apresiasi Dukungan Kementrian BUMN

img
Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah.

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Wirahadikusumah mengapresiasi dukungan dari Kementerian BUMN yang telah menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) secara gratis di provinsi setempat.

UKW digelar di Hotel Emersia, Kota Bandarlampung pada 10 hingga 11 Januari 2024 dan merupakan hasil kerjasama antara PWI pusat dengan Kementerian BUMN untuk meningkatkan kapasitas para wartawan.

Selain BUMN, Wirahadikusumah turut menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemprov Lampung yang selama ini juga mendukung kegiatan UKW gratis setiap tahunnya.

“Kita harus berterima kasih kepada pihak BUMN, karena memang ini semua ditanggung biayanya oleh BUMN. Khususnya UKW di Lampung ini diduung oleh PT Pupuk Indonesia dan dari PT Telkom Indonesia,” kata Wira pada Rabu, (10-1-2024).

“Alhamdulillah karena kepedulian dari Pak Gubernur setiap tahun kita juga dianggarkan untuk UKW. Tahun lalu UKW gratis digelar dua kali setahun, tapi di tahun ini memang ada pengurangan jadi satu kali karena kita sedang menghadapi hajat pesta demokrasi,” lanjutnya.

Dia mengungkapkan, PWI Lampung sudah 32 kali menggelar UKW sejak tahun 2011 lalu dan menghasilkan 846 wartawan Lampung yang dinyatakan kompeten. “Sementara yang belum kompeten sekitar 400an orang,” kata dia.

Dia menegaskan, UKW merupakan kegiatan yang diwajibkan oleh Dewan Pers untuk memastikan wartawan sudah menguasai komponen-komponen dasar dalam menjalankan profesinya.

“Wartawan itu harus menguasai tiga komponen dasar. Dia harus punya awareness (kepedulian), harus punya knowledge (pengetahuan) dan juga harus punya skill (kemampuan). Di UKW inilah tempatnya wartawan diuji atas tiga komponen itu,” jelasnya.

UKW juga menguji kepatuhan wartawan terhadap Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers Nomor 40 Tahun 1999.

Wirahadikusumah juga mengapresiasi kehadiran Gubernur Arinal untuk membuka UKW perdana di tahun 2024 ini. Menurut Wira, hadirnya gubernur membuka UKW adalah momen langka.

“Apresiasi kepada Pemprov Lampung khususnya kepada Pak Gubernur, karena sudah 32 kali kita menggelar UKW, sangat-sangat jarang gubernur sebelumnya hadir. Kehadiran Pak Gubernur di UKW ini sangat langka karena melihat langsung bagaimana para wartawan mengikuti proses ujian agar menjadi wartawan yang profesional dan berakhlak,” tandasnya.

Dalam laporannya, Wirahadikusumah juga memaparkan perkembangan organisasi PWI Lampung saat ini. Total anggotanya di 15 kabupaten/kota saat ini sebanyak 1.001 orang. Dengan jumlah anggota biasa 621 orang, anggota muda 220 orang dan calon anggota 125 orang.

Untuk diketahui, UKW ini digelar secara gratis ini didukung oleh dua perusahaan milik negara, yaitu PT Telkom Indonesia dan PT Pupuk Indonesia.

Dalam acara pembukaan UKW turut hadir Sekjen PWI Pusat Sayid Iskandarsyah, Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah, Direktur UKW PWI Dr Firdaus Komar, Sekretari PWI Lampung Andi Panjaitan, VP Komunikasi Korporat Pupuk Sriwijaya Palembang Rustam Efendi, Kadiskominfotik Lampung Achmad Saefullah, dan beberapa tamu narasumber UKW.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos