Bareskrim Ungkap Tangkapan Narkoba Jaringan Fredy Pratama

img
Kapolda Lampung dan Dirtipid Narkoba Mabes Polri menunjukkan bukti kejahatan berupa sabu milik jaringan Fredy Pratama. Foto : Ardiansyah

MOMENTUM, Bandarlampung--Direktur Tindak Pidana Narkoba (Dirtipid Narkoba) Bareskrim Polri, Brigjen Mukti Juharsa mengikuti kegiatan ungkap kasus narkotika jaringan internasional, Fredy Pratama di Mapolda Lampung. 

Brigjen Mukti Juharsa mengapresiasi kinerja Ditresnarkoba Polda Lampung yang telah mengungkap kasus tersebut hingga mengamankan delapan orang tersangka di Januari 2024 ini. 

"Alhamdulillah Polda Lampung kembali menangkap jaringan Fredy Pratama di bulan Januari 2024, kami tidak akan berhenti untuk terus mengejar jaringan ini," kata Brigjen Mukti, Rabu 31 Januari 2024.

Dia juga melaporkan perkembangan kasus Fredy Pratama yang sampai saat ini jaringannya masih berkeliaran. 

"Kasus Fredy Pratama pada tahun 2023, Bareskrim Polri beserta jajaran telah menangkap 46 orang tersangka. Dari puluhan tersangka itu satu orang lagi masih dalam proses penelitian Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Kejaksaan Agung," jelas dia. 

Dia menjelaskan bahwa jumlah sabu yang berhasil diungkap dari jaringan Fredy Pratama itu sebanyak 10,2 ton. 

"Total aset selama 2020 dan 2023 sabunya sebnyak 10,2 ton berhasil kita sita dengan nilai aset Rp422 miliar," sebutnya. 

Meski jaringan tersebut sudah banyak menggunakan modus baru, Brigjen Mukti memastikan sindikat ini selalu dipantau.

"Kita sedang menperlajari jaringan ini, modus keuangan mereka juga baru seperti menggunakan jalur crypto," jelas dia. 

Kemudian, keberadaan Fredy Pratama juga diyakini masih berada di Thailand.

"Di Thailand terhadap Fredy Pratama juga sudah diterbitkan red notic. Kita terus berusaha bersama BNN Polri untuk mengetahui keberadaan Fredy di Thailand," ungkapnya.

Dia mengatakan, Mabes Polri telah menelusuri sejumlah aset yang dimiliki Fredy Pratama serta dalam waktu dekat akan dilakukan penyitaan. 

"Kita sudah telusuri aset Fredy Pratama, kita belum sempat sita, insyaallah di tahun ini semua aset jaringan Fredy Pratama, baik di dalam dalam negeri maupun luar negeri akan disita, akan kita miskin kan jaringan ini," kata dia. 

Dia menyampaikan, Mabes Polri dan jajaran terus berupaya mengungkap jaringan ini hingga ke akar akarnya. 

"Tim ini tak akan berhenti untuk terus menghalau barang barang haram ini masuk ke Indonesia, yang masuk dibawa oleh jaringan Fredy Pratama," pungkasnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos