PMI Jadikan Tiga Desa Tangguh Bencana di Lambar

img
PMI mengimplementasi Program PERTAMA dengan menjadikan 3 desa tangguh bencana di Lambar. Foto Sulemy

Harianmomentum.com-- Kabupaten Lampung Barat (Lambar) merupakan salah satu daerah yang rawan terhadap bencana. Mulai gempa, banjir, longsor, hingga kebakaran kerap terjadi.

 

Sebagai upaya meningkatkan kapasitas untuk mengurangi resiko bencana tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) melaksanakan program membangun masyarakat aman dan tangguh bencana melalui pendekatan program pengurangan resiko terpadu berbasis masyarakat (PERTAMA) di Lambar.

 

Sekretaris PMI Lambar, Agus Darma Putra mengatakan, program akan dilaksanakan dalam kurun waktu dua tahun sejak 2017 hingga 2019 bertujuan untuk mengurangi jumlah kematian, cidera, dan dampak sosial ekonomi bagi masyarakat, terutama kelompok rentan yang tinggal di daerah yang sering terkena bencana alam.

 

Melalui pendekatan program PERTAMA, tujuan strategis yang akan dicapai PMI dalam membangun desa tangguh yaitu meningkatkan kapasitas masyarakat untuk mengurangi risiko dan mempersiapkan serta memulihkan diri dari bencana alam melalui pemberdayaan kelompok yang paling rentan.

 

“Melalui program PERTAMA ini, PMI Lambar dipercaya oleh PMI Provinsi dan PMI Pusat untuk mewujudkan desa tangguh di tiga desa program, yaitu Pekon Ujung Kecamatan Lumbok Seminung, Pekon Sukamarga dan Tugu Ratu Kecamatan Suoh,” ujarnya. (lem)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos