PAW DPRD Lampung, Heriyanto Suud Gantikan Azuwansyah

img
Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay menyematkan pin anggota DPRD kepada Heriyanto Suud. Foto: Ikhsan.

MOMENTUM, Bandarlampung--Heriyanto Suud menjadi anggota DPRD Provinsi Lampung untuk sisa periode 2019-2024. Dia menggantikan Azuwansyah melalui proses pergantian antarwaktu atau PAW.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Heriyanto sebagai anggota dewan berlangsung dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Lampung, Selasa (19-3-2024). Rapat dipimpin Ketua DPRD Mingrum Gumay.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung, Ririn Kuswantari mengatakan, PAW itu terjadi karena Azuwansyah pindah partai dari PKB ke partai PPP Lampung.

"Karena Azuwansyah pada pemilu 2024 menjadi calon dari partai politik yang berbeda, jadi secara otomatis berdasarkan undang-undang PAW dilakukan," jelasnya.

Proses penyiapan berkas PAW itu kata Ririn, terjadi sejak adanya daftar calon tetap (DCT) anggota DPRD Lampung pileg 2024, di mana Azuwansyah menjadi caleg dari PPP bukan dari PKB.

"Sejak menjadi DCT itu secara otomatis keanggotan Azuwansyah itu langsung gugur," pungkasnya. 

Sementara, di sisa waktu masa jabatan yang tinggal beberapa bulan Heriyanto Suud mengaku tak membawa program khusus setelah resmi dilantik.

Dia mengatakan tugasnya adalah melanjutkan program dan mengisi posisi sebelumnya yang kosong.

"Tidak ada (program khusus) ugas saya melanjutkan sisa jabatan di periode 2019-2024 saja," ucap Heriyanto seusai dilantik.

Terkait alasan PAW, Heriyanto mengatakan hal itu lantaran Azuwansyah mengundurkan diri dari PKB.

"Alasannya karena yang bersangkutan mengundurkan diri," tutupnya.(**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos