Kenalkan Tugas dan Fungsi, Kanwil Kemenkum HAM Lampung Gelar Ngobras

img
Pembukaan acara ngobras dan buka bersama di Griya Abhipraya Bapas Bandarlampung. Foto : Ardiansyah.

MOMENTUM,Bandarlampung--Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Lampung menggelar Ngobrol Santai (Ngobras) sekaligus buka puasa bersama di Griya Abhipraya, Kecamatan Sukarame, Bandarlampung, Selasa (19-32024).

Kakanwil Kemenkum HAM Lampung, Sorta Delima Lumban Tobing mengatakan acara tersebut dimaksudkan untuk menjalin silaturahmi serta memperkuat sinergitas dan buka puasa bersama.

Sekaligus untuk mengenalkan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM RI yang mungkin selama ini hanya dikenal sebatas dengan pemasyarakatan dan keimigrasian, kata Sorta.

Selain pemasyarakatan dan keimigrasian, dia menyebutkan Kemenkumham Lampung juga menjalankan tugas dan fungsi lain.

"Diantaranya turut serta dalam pembentukan produk hukum daerah, pelayanan hukum publik seperti layanan Kekayaan Intelektual, layanan administrasi hukum umum yang di dalamnya ada banyak jenisnya, penyuluhan hukum kepada masyarakat umum," sebutnya.

Kemudian, bantuan hukum gratis untuk orang miskin melalui mitra Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang sudah terverifikasi dan terakreditasi.

"Sebagai upaya negara dalam memenuhi hak warga negaranya dalam kebutuhan akses terhadap keadilan (acces to justice) dan persamaan di hadapan hukum (equality before the law), serta layanan Hak Asasi Manusia," katanya. 

Usai menyampaikan sambutan, acara dilanjutkan dengan sesi ngobrol bersama perwakilan Divisi Administrasi, Divisi Pemasyarakatan, Divisi Keimigrasian serta Divisi Pelayanan Hukum dan HAM. 

Sesi ngobrol tersebut, bertujuan supaya masyarakat mengenal tugas dan fungsi setiap Divisi. Seperti halnya divisi Administrasi yang merupakan fasilitator bagi kegiatan yang ada di kantor wilayah.

Divisi pelayanan hukum dan HAM yang memberikan pelayanan seperti Apostille, perseroan lerorangan, hingga berbagai hak kekayaan intelektual. 

Selain itu, panitia juga menyiapkan sesi tanya jawab dan pemberian hadiah kepada peserta yang aktif menyimak dan memberikan jawaban yang tepat. 

Kemudian, kegiatan ditutup dengan Kultum dan buka bersama dengan para tamu undangan. 

Kegiatan itu dihadiri oleh Pimti Pratama serta Kepala UPT Jajaran Kanwil Kemenkumham Lampung, Danramil Jatiagung, Kapolsek Jatiagung, Kapolsek Sukarame, Perwakilan Organisasi Bantuan Hukum dan Badan Eksekutif Mahasiswa dari Kampus wilayah Bandarlampung. (***)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos