Besok, PDIP Lampung Buka Penjaringan Bakal Cagub dan Cawagub

img
Jajaran tim penjaringan kepala daerah DPD PDIP Lampung. Foto: Ikhsan.

MOMENTUM, Bandarlampung--Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Lampung membuka penjaringan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Lampung mulai besok, Senin, 22 April 2024 hingga 20 Mei 2024.

"Kamim membuka penjaringan itu kurang lebih satu bulan. Akhir bulan Mei, hasil penjaringan akan disampaikan kepada DPP (PDI Perjuangan)," kata Sekretaris Tim Penjaringan Calon Kepala Daerah DPD PDIP Lampung Apriliati, Jumat (19-4-2024).

Pembukaan pendaftaran penjaringan tersebut, kata Apriliati, akan diiklankan di media masa, baik cetak maupun elektronik agar tersampaikan secara luas. 

"Kami akan iklankan di media cetak dan elektronik, nanti ada link website yang bisa dibuka untuk pendaftaran," ujarnya.

Apriliati mengatakan, berdasarkan intruksi DPP PDIP serta rapat pleno DPD PDIP Lampung, setiap orang yang ingin mengambil berkas pendaftaran tidak dikenakan biaya.

"Perintah dari DPP dan pleno DPD PDI Perjuangan kita sepakat semuanya tidak ada mahar biaya yang harus disetorkan. Kecuali nanti akan disurvei elektabilitas, popularitas termasuk biaya saksi," sebutnya. 

Ia menjelaskan, PDIP membuka peluang kepada siapa saja yang ingin maju berkontestasi. Namun yang diprioritaskan, kader internal partai.

"Tentu prioritas adalah kader, karena memang tujuan berpartai pasti ya di eksekutif ataupun di legislatif, tapi kalau hasil survei ada internal dan eksternal pasti ada pertimbangan lain," jelasnya.

Target yang dipasang dalam pilkada serentak 2024, ini lanjut dia, adalah memenangkan kursi Gubernur Lampung dan tetap mempertahankan kursi bupati dan walikota yang didapatkan pada pilkada yang lalu. 

"Kalau target, kita mengharapkan memang menang di semua di kabupaten/kota, minimal mempertahankan yang sudah ada," bebernya. 

Selain itu, tim penjaringan calon kepala daerah DPD PDIP Lampung selain menjaring bakal calon gubernur, wakil gubernur memiliki kewenangan untuk dapat koordinasi dan supervisi kepada tim penjaringan di kabupaten/kota se-Lampung. 

"Tetapi tetap muara keputusan berada di DPP PDI Perjuangan," ujar Apriliati yang juga Ketua Kaukus Perempuan Parlemen DPRD Lampung itu.

Anggota tim penjaringan calon kepala daerah DPD PDIP Lampung, Donald Harris Sihotang menambahkan, pihaknya memiliki kewenangan untuk melakukan supervisi di kabupaten/kota se-Lampung. 

"Kita sifatnya melakukan supervisi di penjaringan kabupaten/kota nanti disana akan dilakukan fit and propertest, verifikasi berkas seperti apa yang mereka  lakukan," kata dia. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos