Warga Kalirejo Protes Soal Jalan Rusak, Dinas BMBK Sebut Sudah Dianggarkan Tahun Ini untuk Perbaikan

img

MOMENTUM, Bandarlampung--Warga Desa Poncowarno, Kecamatan Kalirejo, Lampung Tengah mengeluhkan jalan rusak yang telah puluhan tahun tak diperbaiki.

Bahkan, warga pun menanam pohon pisang di jalan yang rusak tersebut sebagai bentuk protes karena tak kunjung diperbaiki.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Lampung M Taufiqullah mengatakan, jalan ruas Padangratu - Kalirejo sudah dianggarkan untuk diperbaiki pada tahun 2024.

Menurut dia, perbaikan ruas tersebut terbaiki menjadi dua paket dengan nilai Rp16,7 miliar dan Rp14,7 miliar. Total keseluruhan mencapai Rp31,4 miliar.

"Kita ada dua paket penanganan. Pertama Rp16,7 miliar untuk penanganan berupa rigid sepanjang 1,87 kilometer. Lalu Rp14,7 miliar untuk penanganan  sepanjang 1,7 kilometer," kata taufiq.

Dia menjelaskan, perbaikan ruas tersebut menggunakan dana bagi hasil (DBH) sawit yang difokuskan untuk penanganan infrastruktur jalan.

Meski demikian, dia menyebut, anggaran tersebut belum bisa menyentuh seluruh ruas yang memiliki panjang 22 kilometer.

Selain itu, menurut dia, perbaikan yang dilakukan Dinas BMBK Lampung telah dimulai sejak tahun 2023 dengan anggaran Rp6 miliar.

"Tahun lalu juga sudah kita anggarkan Rp6 miliar. Kalau yang tahun ini sudah lelang dan mulai persiapan," tutupnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos