Karya Bakti Kodim 0424 Tanggamus Berlangsung di Pekon Wayilahan

img
Penjabat Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan dan Dandim 0424 Tanggamus Letkol inf. Vicky Heru harsanto pada pembukaan Karya Bakti TNI di Pekon Wayilahan. Foto. Ist.

MOMENTUM, Tanggamus -- Karya Bakti Kodim 0424 Kabupaten Tanggamus pada tahun ini dilaksanakan di Pekon/Desa Wayilahan Kecamatan Pulaupanggung, Senin 20 Mei 2024.

Dandim 0424 Tanggamus Letkol inf. Vicky Heru harsanto, mengatakan, karya bakti merupakan bagian dari pembinaan teritorial TNI. Tujuannya, membangun solidaritas yang kokoh antara sesama prajurit TNI dengan komponen masyarakat dan pemerintah.

Tujuan lain Karya Bakti TNI untuk menangani masalah sosial dan kemanusiaan, serta membantu menyukseskan program sosial, disesuaikan dengan situasi dan kondisi di wilayah Kodim 0424/Tanggamus.

"Saya berharap, pelaksanaan Karya Bhakti berjalan secara sinergis dan terpadu. Sehingga kegiatan yang dilaksanakan dirasakan masyarakat," harapnya.

Karya baksi dilaksanakan selama kurang lebih sebulan, di Kecamatan Pulaupanggung, khususnya Pekon wayilahan dan Pekon Wayharong, jelasnya.

Penjabat Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Dandim dan seluruh personel Kodim 0424/Tanggamus yang akan melaksanakan Karya Bakti TNI di Pekon Wayilahan.

Karya Bakti TNI salah satu wujud operasi bhakti TNI yang merupakan program terpadu, antara TNI dan pemda yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan kegiatan pembangunan. Ini juga merupakan sebagai bentuk partisipasi TNI dalam pembangunan di daerah yang berdaya guna bagi kepentingan pembangunan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, ujarnya. 

Kecamatan Pulaupanggung merupakan daerah yang strategis, memiliki wilayah yang luas dengan jumlah penduduk yang cukup besar. Untuk itu diperlukan prasarana peningkatan pembangunan sarana sehingga dapat mendukung secara umum kegiatan dan aktifitas sehari-hari masyarakatnya, katanya.

Diharapkan, kegiatan ini meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana di pekon. Selain itu, masyarakat tergugah kesadarannya untuk bergotong-royong dan berpartisipasi aktif dalam membangun daerahnya.

Disebutkan, rencana sasaran Karya Bakti TNI di Pekon Wayilahan, antara lain, pembukaan badan jalan berukuran panjang 2025 m dan Lebar 6m;  Perkerasan jalan onderlagh (175 x 3,5m);  Pekerjaan Jembatan (5M x L=6M);  pasang talud sayap dan oprit jembatan (80m), Pekerjaan Plat Duiker Type 150 ( P = 5m), Pekerjaan gorong gorong buis beton ( Diameter 40Cm P = 5m ), Pekerjaan Bronjong ( P = 70m x T = 2m).

Selailn itu, juga akan dilakukan penyuluhan pencegahan stunting, UMKM , pemberdayaan pemuda melalui Karang Taruna, penyuluhan tentang Literasi Digital dan UU ITE, Penyuluhan transformasi pendidikan yang menyenangkan, Penyuluhan Manfaat KB Kes Pro bagi keluarga, Sosialisasi Pilkada, Penyuluhan mekanisme penerimaan Bansos, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Bela Negara,  Pembagian Sembako gratis, Pelayanan sunatan masal, Pelayanan administrasi Kependudukan, Pelayanan KB kesehatan ,dan Pelayanan pengobatan Gratis. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos