KPU Tanggamus Luncurkan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati

img
Peluncuran tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus di Lapangan Tangsi Kecamatan Talangpadang, pada senin 27 Mei 2024. Foto. Galih.

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihin Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus meluncurkan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus di Lapangan Tangsi Kecamatan Talangpadang, pada senin 27 Mei 2024.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua KPU Kabupaten Tanggamus Angga Lazuardy, Penjabat Bupati Mulyadi Irshan, Dandim 0424 Letkol Inf Vicky Heru Harsanto, Kapolres AKBP Rinaldo Asher, Ketua Bawaslu Najih Mustofa, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) M.Irwan. Juga hadir, Anggota KPU Provinsi Lampung Antonyus.

Peluncuran tersebut ditandai dengan pemberian hadiah kepada pemenang lomba cipta maskot dan jingle Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus 2024. Yaitu, A. Bambang Marsa Trianroro dengan karya yang diberi nama Si Lumba.

Ketua KPU Kabupaten Tanggamus, Angga Lazuardy manjelaskan, setelah tahapan peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus 2024, selanjutnya adalah pencalonan pada Agustus.

"Pada bulan September tahapan kampanye dan pada 27 November 2024 puncak dari pelaksanaan," kata Angga. Seraya meminta dukungan semua pihak untuk menyukseskan Pilkada 2024 Tanggamus.

"Kami sangat berharap dukungan dari semua pihak, pemerintah daerah, TNI/POLRI, tokoh agama, tokoh masyarakat, insan pers dan masyarakat agar gelaran Pilkada 2024 dapat berjalan dengan sukses. Tentunya tidak hanya pemilihan bupati dan wakil bupati saja tetapi juga pemilihan gubernur dan wakil gubernur," ujar Angga.

Sementara Pj. Bupati Tanggamus Mulyadi Irshan mengatakan, Pilkada Tanggamus merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat yang demokratis untuk mencapai penbangunan daerah.

Pemerintah daerah mendukung KPU Tanggamus sebagai lembaga yang bersifat tetap, independen dan mandiri bertugas dalam melaksanakan penyelenggaraan Pemilihan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, katanya.

Mulyadi mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus tahun 2024 dengan cara, berperan aktif dalam mensosialisasikan Pilkada serentak dan yang lebih penting menggunakan hak pilihnya pada pencoblosan di bulan November 2024 yang akan datang.

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilukada nanti. Apapun pilhan kita nanti, mari kita saling menghargai dan menjaga suasana agar selalu kondusif," kata Mulyadi Irshan.

Komisioner KPU Provinsi Lampung Antoniyus menambahkan bahwa suksesnya pelaksanaan Pilkada dilihat dari angka partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya.

"Sesuai dengan apa yang dikatakan Pj.Bupati Tanggamus sukses dan berhasilnya Pemilu apabila tinggkat partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya tinggi dan berlangsung dengan jujur dan adil (Jurdil) serta langsung umum bebas dan rahasia (Luber)," pungkas Antoniyus.

Peluncuran tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 dihibur oleh penampilan artis dangdut Happy Asmara. Ribuan penonton yang hadir pun tampak antusias menyaksikan aksi panggung Happy Asmara di lapangan Tangsi, yang sempat diguyur hujan beberapa saat. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos