Demokrat Lampung Kumpulkan 120 Bakal Calon Kepala Daerah

img
Pengurus DPD Demokrat Lampung saat konferensi pers. Foto: Ikhsan.

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Demokrat Lampung akan mengumpulkan 120 bakal calon kepala daerah (cakada). Baik tingkat provinsi maupun 15 kabupaten/kota se-Lampung. 

Sekretaris DPD Demokrat Lampung Midi Iswanto mengatakan, para bakal calon kepala daeah itu, akan dikumpulkan pada rapat kerja daerah (Rakerda) Partai Demokrat yang digelar di Bandarlampung, Sabtu 1 Juni 2026.

"Sebanyak 156 orang yang mengambil berkas pendaftaran, dan sebanyak 120 yang mengembalikan termasuk calon gubernur dan wakil gubernur akan diusulkan kepada DPP Demokrat. Nanti malam ramah tamah dengan bakal calon, yang harapannya pemilu bisa riang gembira," ungkapnya.

Midi menyampaikan, dari total sebanyak 120 bakal cakada tersebut, terdapat 9 bakal calon gubernur dan 5 bakal cawagub yang diusulkan kepada DPP Demokrat.

Midi menjelaskan, terdapat surat tugas yang diberikan oleh Partai Demokrat kepada sejumlah bakal cakada.

Surat tugas itu kata Midi, bukan diartikan sebagai surat rekomendasi Cakada yang diusung oleh partainya dalam pilkada 2024.

"Jadi surat tugas itu bisa diminta oleh siapapun yang ingin menjadi calon baik internal maupun eskternal. Tapi surat tugas itu ada limitnya, itu belum menjadi rekomendasi," jelasnya.

"Surat tugas itu jangka waktunya satu bulan. Isi didalamnya termasuk dalam bisa bekerja sama mencari partai koalisi untuk memenuhi 20 persen dan juga melakukan survei," imbuhnya.

Pada tahapan itu, lanjut Midi, calon akan dilihat surveinya, apabila setelah diberi surat tugas survei menurun maka tidak akan diberi rekomendasi.

"Gak ngangkat hasil survei, gak dikasih juga. Banyak indikatornya," tegasnya.

Bendahara DPD Demokrat Lampung Yosi Rizal menambahkan, bahwa diberikanya surat tugas kepada para cakada merupakan bentuk keseriusan.

"Jadi kalau sudah ada surat tugas sudah terlihat keseriusanya tapi ya peluangnya sama," kata Yosi. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos