Pengawas Kecamatan Diminta Upgrade Aturan Pemilu

img
Sosialisasi produk hukum pemilu yang digelar Bawaslu Kabupaten Pringsewu. Foto. Sulistyo.

MOMENTUM, Pringsewu -- Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Iskarso P. Panggar meminta kepada semua jajaran Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Pringsewu untuk selalu mengupgrade literasi dan pemahaman tentang aturan terbaru, agar maksimal dalam melaksanakan tugas.

Sebab menurutnya, pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang digelar di setiap lima tahun, regulasinya dinamis dan  menjadi tantangan bagi pengawas. 

“Maka saya minta kepada semua jajaran panwascam untuk selalu memperbaharui literasi terkait aturan aturan yang ada agar dalam melaksanakan tugas pengawasan secara maksimal,"tegasnya.

Iskardo menegaskan hal itu pada sosialisasi produk hukum pada pemilu, yang jajaran Panwascam se-Kabupaten Pringsewu, Selasa (25-6-2024) di Gadingrejo. Dihadiri Ketua Bawaslu Pringsewu Suprondi dan anggota Komisioner Bawaslu Adam Malik. 

Ketua Bawaslu Provinsi Lampung juga berpesan, selain memahami aturan yang ada juga lebih meningkatkan fungsi pengawasan dan memberikan pemahaman, baik kepada peserta Pemilu juga kepada masyarakat luas. 

"Sebab keberhasilan pengawasan bukan tentang banyaknya pelanggaran yang ditangani, akan tetapi minimnya peserta pemilu ataupun masyarakat yang melakukan praktik melanggar aturan pemilihan itu sendiri,"ujarnya.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Pringsewu Suprondi mengtakan, sosialisasi produk hukum ini penting dilaksanakn karena setiap tahapan mempunyai legitimasi hukum, jadi pengawas dituntut untuk faham dengan setiap aturan yang ada dan berlaku. 

Dia juga mengajak kepada masyarakat untuk sama sama membangun kesadaran dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilihan kepala daerah yang sebentar lagi di laksanakan. "Mari kita secara bersama, melakukan pengawas pemilukada yang sebentar lagi digelar," ajak Suprondi. 

Sedang anggota Bawaslu Kabupaten Pringsewu Adam menuturkan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas SDM jajaran Panwascam se-Kabupaten Pringsewu."Seban mengingat tahapan pemilihan sudah berjalan hingga kini memasuki tahapan coklit data pemilih,"ujarnya.

Dia juga berharal, output dari kegiatan tersebut agar seluruh jajaran Panwascam bisa melaksanakan tugas pengawasan sesuai dengan juknis dan aturan yang ada. 

“Kita ingin memastikan setiap tahapan yang dilakukan pengawasan ini mengacu kepada aturan yang ada,"imbuhnya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos