Riana Sari Arinal Berkomitmen Majukan UMKM Lampung

img
Riana Sari Arinal bersama pengurus Cahaya Ladara Nusantara (CLN) yang diketuai Nanny Hadi Tjahjanto, istri Menko Polhukam. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung--Tidak lagi menjadi Ketua Dekrasnasda Lampung, tidak membuat Riana Sari Arinal berhenti membina UMKM. Bahkan, kiprahnya bisa semakin luas dengan posisinya di kepengurusan Cahaya Ladara Nusantara (CLN). 

Dalam organisasi tingkat nasional yang diketuai oleh istri Mengko Polhukam, Nanny Hadi Tjahjanto, Riana Sari dipercaya sebagai wakil ketua 3 di kepengurusan Cahaya Ladara Nusantara.

"Alhamdulillah kiprah saya dalam membina UMKM selama ini mendapat perhatian dari penggerak UMKM di tingkat nasional, kata Riana Sari, di kediamannya Jl Sultan Agung Bandarlampung, Sabtu 6 Juli 2024.

Riana menjelaskan, CLN merupakan wadah yang tidak hanya menghimpun UMKM. Tapi, juga melakukan pembinaan dan membantu pemasaran para UMKM sehingga mampu bersaing. Bahkan sampai bisa melakukan ekspor keluar negeri.

Riana Sari Arinal bersama pengurus Cahaya Ladara Nusantara (CLN) yang diketuai Nanny Hadi Tjahjanto, istri Menko Polhukam. Foto. Ist.

"Saya sangat senang bisa berkumpul bersama orang-orang hebat. Menambah semangat saya dalam membina dan melakukan pendampingan UMKM di Provinsi Lampung,” ujar Riana Sari.

CLN berkomitmen untuk terus membantu UMKM meningkatkan kualitas produk, dan memberikan pelatihan kepada UMKM agar memahami regulasi ekspor dan memasarkan produk ke pasar bebas.

Dengan berkiprah di tingkat nasional, kata Riana, bertekad akan terus memajukan UMKM di Lampung. Banyak UMKM binaan Dekranasda yang masih perlu pembinaan. Selama ini kendala yang dihadapi UMKM soal pemasaran produk. Banyak UMKM yang sudah menghasilkan produk tapi sulit untuk dipasarkan.

"Semoga dengan wadah CLN ini yang memiliki mitra kerja jaringan yang luas, dapat membantu UMKM dengan program program pelatihan," kata Riana.

Ke depan, peraih penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) 2022 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ini, akan membina dan melakukan pendampingan produk-produk UMKM seperti kopi, pisang dan lain-lain yang bisa diekspor.

Program pertama dalam pembinaan UMKM di CLN, Riana mengatakan, ikut berpartisipasi kegiatan pameran dalam rangka perayaan Hari Kebaya Nasional dipusatkan di Bundaran HI yang melibatkan 700 wanita dari seluruh Indonesia.

Tidak itu saja, CLN juga akan menggelar bazar kuliner di BSD Tangerang pada 23-24 Juli mendatang. Sebagai bentuk kepedulian terhadap UMKM, Riana menyiapkan stan untuk tiga UMKM yang akan mempromosikan produknya.

Kiprah Riana Sari sudah tidak diragukan lagi, banyak penghargaan yang diraih salah satunya sebagai bunda Literasi Propinsi Lampung pernah meraih pemghargaan Nugra Jasa Darma Pustaloka 2022 dari Perpustakaan Nasional.

Selain itu, sebagai Bunda PAUD Provinsi Lampung pernah menerima Penghargaan Wiyata Darma Madya Kategori Bunda PAUD Provinsi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek pada puncak acara Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023.

Dari berbagai penghargaan yang diterima, kata Riana yang paling berkesan saat meraih penghargaan penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) 2022 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Saat itu, hanya Provinsi Lampung yang menerima penghargaan MKK, Gubernur dan Ketua TP PKK sekaligus bersamaan, pada Harganas ke-29. Hal ini menunjukkan bahwa program Gubernur Lampung sejalan dengan program PKK dalam menggerakkan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos