Bappeda Pringsewu Gelar Kompetisi Karya Inovasi dan Iptek 2024

img
Asisten Bidang Ekbang Setdakab Pringsewu Maskur Hasan meninjau karya inovasi dan Iptek dari peserta. Foto. Sulistyo.

MOMENTUM, Pringsewu -- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pringsewu menggelar Final Kompetisi Karya Inovasi dan Iptek 2024. Kompetisi yang terbuka untuk umum, ASN, dan pelajar/pendidik ini diikuti 26 peserta.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Pringsewu, Fenny Aprilia menyebutkan, kategori umum diikuti sembilan peserta, ASN sembilan peserta dan pendidik/pelajar delapan peserta 

Kompetisi berlangsung pada 10 hingga 12 Juli 2024 di Aula  Hotel Urban Pringsewu. "Kami menghadirkan sejumlah dewan juri yang berkompeten," jelas Fenny mewakili Kepala Bappeda Imam Santiko Raharjo.

Asisten Bidang Ekbang Maskur Hasan saat membuka kegiatan berharap, rangkaian lomba yang dilaksanakan pihak  Bappeda Pringsewu akan dapat menjadi langkah besar dalam upaya menggali, menumbuh kembangkan, dan mendorong kemajuan teknologi inovasi.

"Sekaligus sebagai apresiasi kepada para inventor dan inovator, baik itu dari kalangan Perguruan Tinggi, Sekolah, ASN, maupun masyarakat,"harapnya.

Maskur berpesan kepada para peserta agar dapat memberikan usaha dan hasil yang maksimal di hadapan juri dan peserta lainnya. "Insya Allah akan menjadi  yang terbaik dan  menjadi pemenang. Jadi siapa pun nantinya yang terpilih sebagai pemenang lomba, yang lain harus menerima dengan lapang dada dan sportif,"ucapnya.

Kepada dewan juri diharapkan melakukan penilaian secara profesional dan obyektif tanpa ada unsur keberpihakan dan kedekatan tertentu. 

Diharapkan, hasil inovasi peserta dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat, meningkatkan prestasi Kabupaten Pringsewu, baik itu melalui ajang Pengukuran dan Penilaian Indeks Inovasi Daerah (IID), Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) maupun lomba inovasi tingkat provinsi dan nasional.

Pada 2023, Indeks Inovasi Daerah Kabupaten Pringsewu berada di urutan ke- 29 dari 415 kabupaten dengan total nilai 61,54 kategori Sangat Inovatif, mengalami peningkatan dari perolehan sebelumnya.

Serta berbagai prestasi yang membanggakan juga di peroleh, dimana Pemenang Kompetisi Karya Inovasi dan IPTEK Kabupaten Pringsewu tahun 2022 dengan Inovasi Mesin Pengolahan Tepung Glukomanan Porang menjadi juara satu dalam lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Lampung dan Juara tiga TTG Tingkat Nasional Tahun 2023. 

"Juga Inovasi KRIPIK PISANG (Kreasi Inovatif dan Pembelajaran Asik dengan Who am I Application Berbahasa Inggris) menjadi Juara I dalam Lomba Anugerah Inovasi Daerah Provinsi Lampung tahun 2023,"imbuhnya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos