Posyandu Hewan Keliling di Metro, Layanan Gratis Periksaan Hewan

img
Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin saat meninjau pelaksanaan Poswanling. Foto. Opie.

MOMENTUM, Metro--Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin meresmikan posyandu hewan keliling atau poswanling untuk masyarakat secara gratis. Kegiatan berlangsung di Kelurahan Sumbersari Bantul Kecamatan Metro Selatan, Kamis, 11 Juli 2024.

Dikatakan Wahdi, ini merupakan program kerja dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Metro.

"Salah satu ketahanan pangan tentu berasal dari hewan juga untuk itu, kita memperhatikan bagaimana kesehatan ada lebih kurang 4600  ribu sapi kita, kambing, dan  sapi perah tentu harus kita perhatikan," kata dia.

Poswanling menurut Wahdi, bertujuan untuk mengantisipasi penularan penyakit dari hewan, manusia termasuk juga jaminan makanan yang baik.

"Kegiatan-kegiatan seperti ini untuk ke depannya harus di rutinkan. Karena bertujuan positif untuk kepentingan masyarakat," ujarnya.

Dijelaskan Wahdi, poswanling merupakan inisator dari masyarakat. Pemerintah daerah sudah mempersiapkan bagaimana masyarakat terlibat penuh dalam pembangunan.

"Peran-peran ini harus diambil tentu tetapi harus pemerintah memberi arahan seperti  apa arahnya seperti apa seperti apa yang harus dilakukan. Terkaitan ini tentu bisa dibentuk seperti posyandu untuk masyarakat Saya kira ini yang saya inginkan terbentuknya posyandu wan ling ini sebenarnya konsepnya seperti itu," ucapnya.

"Program ini akan berjalan di 22 kelurahan diberikan secara gratis. Sebenarnya, kalau kita melihat namanya pelayanan kepada masyarakat harus gratis. Tapi kita juga harus melihat sinergitas dengan pusat program-program dari pusat ada juga yang memang yang tidak terprogram tapi dapat baik dilakukan oleh daerah," tambahnya.

Di tempat yang sama, Kepala DKP3 Kota Metro, Hery Wiratno menyampaikan, Poswanling akan rutin keliling ke 22 kelurahan di Kota Metro.

"Hewan apa saja, kalau ini sebenarnya produksi artinya seperti sapi dan kambing ini semua gratis layanan tentang pemberian obat cacing kesehatan hewan sanitasi dan sebagainya,"ujarnya.

Dia mengungkapkan, ada ribuan hewan yang akan mendapatkan layanan ini. "Program ini tetap berjalan karena untuk peningkatan produksi ternak dan kesehatan hewan," katanya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos