Polresta Terjunkan 700 Personil Amankan Libur Akhir Tahun

img
Kapolresta Bandarlampung, Kombes Murbani Budi Pitono. Foto Dokumen

Harianmomentum.com--Polresta Bandarlampung menyiapkan sebanyak 700 orang personel untuk melakukan pengamanan libur panjang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

 

"Kami siap melaksanakan operasi Lilin untuk menjaga stabilitas keamanan menjelang libur panjang, Natal dan Tahun Baru," kata Kapolresta Kombes Murbani Budi Pitono , Minggu (17/12).

 

Tidak tanggung-tanggung, Polresta telah mempersiapkan lebih dari setengah jumlah total personelnya untuk proses pengamanan tersebut.

"Dari 1.300 jumlah personel kita, sekitar 700 personel yang akan turun. Namun rillnya semua personel Polresta juga siap siaga pada operasi ini," ungkapnya.

 

Murbani menjelaskan bahwa pihaknya juga telah memetakan titik-titik rawan kejahatan diseputaran Kota Bandarlampung.

 

"Titik-titik rawan itu di antaranya di Terminal Rajabasa, Panjang, dan Kemiling. Kemudian Stasiun Kereta Api Tanjungkarang dan Pelabuhan Panjang," kata Murbani.


Selain itu, jalur-jalur persinggahan penumpang serta pusat-pusat keramaian lainnya juga turut disiagakan.

"Jalur transportasi bus seperti di Lapangan Baruna, di seputaran Jalan Yos Sudarso, serta pusat perbelanjaan seperti mal dan pasar tradisional," terangnya.

Yang juga difokuskan dalam hal keamanannya menjelang Natal dan Tahun Baru yakni rumah ibadah.

"Pengamanan berlapis pada rumah ibadah juga akan diperket. Yang jelas kita akan laksanakan sesuai SOP (standar operasional prosedur)," ujarnya.

 

Operasi yang diperkirakan akan digelar selama 14 hari tersebut juga untuk mencegah terjadinya pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian dengan pemberatan (Curat) dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

 

"Kan banyak yang mudik tu. Rumah-rumah warga yang kosong juga kita pantau," ujarnya.


Murbani juga menghimbau agar seluruh elemen masyarakat, khusunya di Bandarlampung untuk turut serta dalam menjaga keamanan sekitarnya.

"Harapan kita, masyarakat bisa turut aktif memberikan informasi bila melihat ada kejadian tindak pidana," ucapnya. 

Operasi lilin ini bukan hanya digelar di kota Bandarlampung saja, tetapi hampir disemua titik-titik rawan kejahatan se-Indonesia khusunya dikota-kota besar yang semuanya diperuntukkan guna keamanan dan kenyamanan jelang libur panjang, Natal dan Tahun baru.

"Operasi ini kita gelar sebagaimana perintah dari Kapolri agar tidak ada kejahatan menjelang natal, tahun baru dan libur panjang," tutupnya.

Namun, untuk kepastian waktu dilaksanakannya operasi tersebut, Kapolresta Bandarlampung masih menunggu surat perintah tugas dari Mabes Polri. (acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos