Pemkab Lampura Pastikan Pilkada Berjalan Lancar

img
Penjabat (Pj) Bupati, Aswarodi menghadiri sosialisasi sekaligus rapat koordinasi tahapan pencalonan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Lampung, serta bupati dan wakil bupati Kabupaten Lampung Utara di aula UMKo, Rabu (24-7-2024).

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara berupaya memastikan seluruh tahapan pilkada serentak berjalan dengan baik, jujur dan adil.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Lampura, Aswarodi, sesuai amanah dari Kementrian Dalam Negeri kepada Pejabat kepala daerah, mulai dari ketersediaan anggaran, netralitas ASN dan aparat desa. Serta mengakomodir kebutuhan diperlukan sesuai dengan mekanisme dan kewenangannya.

"Saya berusaha untuk hadir, dalam setiap tahapan pilkadakan berupaya hadir ditengah-tengah, sesuai amanah mendagri dan gubernur," kata Penjabat (Pj) Bupati Lampura, Aswarodi ketika menghadiri sosialisasi sekaligus rapat koordinasi tahapan pencalonan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Lampung, serta bupati dan wakil bupati Kabupaten Lampung Utara di aula UMKo, Rabu (24-7-2024).

Menurut dia, khusus netralitas ASN dan aparat Pemdes, telah dilaksanakan saat pengukuhan perpanjangan masa jabatan kepala desa di GSG Islamic Center pada 17 Juli 2024.

"Untuk masalah keuangan, saya pastikan paling lambat tanggal 26 Juli seluruh anggaran penyelenggara (KPU-Bawaslu) telah disalurkan 100 persen," terangnya.

Untuk masalah pengamanan (TNI-Polri), kata dia disesuaikan dengan keadaan. Bila dibutuhkan pengamanan, maka akan segera direalisasikan. 

"Itu yang saya perintahkan kepada BPKAD, untuk mamastikan anggaran penyelenggara pemilu kada aman. Termasuk bila ada hal mendesak dibutuhkan dilapangan," tambahnya.

Menyoal, calon - calon yang akan berlaga di konstentansi pilkada tahun 2024 dia berujar saat ini belum ada yang mendeklarasikan diri sebagai calon gubernur - wakil gubernur Lampung. Demikian juga dengan bupati - wakil bupati, karena cukup dinamis.

"Sehingga terus bergerak, dan sampai dengan saat ini seperti belum ada yang mendeklarasikan diri. Baik itu Gubernur -Wakil Gubernur, dan di Kabupaten Bupati - Wakil Bupati," tegasnya.

KPU Lampung Utara saat ini masih melaksanakan verifikasi faktual pemilih untuk pilkada. "Saat ini sedang dalam tahapan verifikasi pemilih, untuk pilkada serentak tahun 2024. Insya Allah untuk pendaftaran dimulai Agustus mendatang," timpal Plh Ketua KPU Lampura, Marswan.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos