Pj Gubernur Lampung Ajak Perkuat Dokter Keluarga Dalam Pelayanan Kesehatan

img
Penjabat Gubernur Lampung, Samsudin membuka Rakernas Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia di Bandarlampung. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung -- Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia (PDKI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Seminar Lampung Family Medicine di Hotel Novotel Bandarlampung, 25-27 Juli 2024.

Kegiatan yang dihadiri 483 peserta itu, dibuka oleh Penjabat Gubernur Lampung, Samsudin, pada Jumat 26 Juli 2024.

Pj. Gubernur Samsudin mengatakan, rakernas dan seminar ini, merupakan kegiatan penting untuk kesinambungan organisasi dan masa depan profesi dokter keluarga layanan primer. Apalagi saat ini Indonesia berfokus pada transformasi pelayanan kesehatan di layanan primer dan telah dibukanya beberapa Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis KKLP. 

Seminar juga memiliki makna yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan, khususnya dalam penanganan penyakit kritis seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit pernapasan kronis. 

Menurut Samsudin, dokter keluarga merupakan garda terdepan dalam sistem kesehatan yang tidak hanya memberikan perawatan medis tetapi juga mendampingi pasien dalam jangka panjang. 

"Mereka memiliki kemampuan untuk mendeteksi dini, memberikan perawatan yang tepat, dan memastikan bahwa pasien mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan," katanya.

Dia mengapresiasi terselenggaranya seminar ini yang bertujuan untuk memperkuat peran dokter keluarga dalam mengisi kesenjangan pelayanan kesehatan di tingkat primer. 

"Saya yakin, melalui diskusi yang mendalam dan berbagi pengetahuan yang akan kita lakukan hari ini, kita dapat menemukan solusi inovatif untuk meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat kita," ujarnya.

Pj. Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada para pembicara yang telah bersedia meluangkan waktu untuk berbagi ilmu dan pengalaman serta kepada para peserta, atas antusiasme dan dedikasinya dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan. 

"Saya berharap Rakernas dan seminar ini dapat menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat dan dapat diimplementasikan dalam sistem kesehatan kita. Marilah kita bekerja sama untuk menciptakan layanan kesehatan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat Indonesia, Lampung khususnya," harapnya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos