Ribuan Pelajar di Pringsewu Dapat Bantuan Pengentasan Kemiskinan Ekstrim

img
Pj Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan menyerahkan paket bantuan pengentasan kemiskinan ekstrinlm dan pencegahan stunting kepada para pelajar

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu menyalurkan bantuan program pengentasan kemiskinan ekstrem dan pencegahan stunting kepada ribuan pelajar di kabupaten setempat.

Bantuan berupa paket makanan tambahan untuk jenjang pelajar jenjang PAUD dan perlengkapan sekolah untuk jenjang SD dan SMP itu secara simbolis diserahkan Penjabat Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan. Penyerahan bantuan berlangsung di Lapangan Sumberwaras, Pekon Rejosari, Kecamatan Pringsewu, Rabu (21-8-2024).

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu Sunaji mengatakan, jumlah pelajar penerima bantuan tersebut mencapai 3.500 orang. Rinciannya: jenjang PAUD 2.500 orang, SD 600 orang dan SMP 400 orang.

"Bantuan ini bertujuan mengoptimalkan  tumbuh kembang fisik, emosional dan sosial pada anak. Sehingga nantinya mereka mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global," kata Sunaji.

Sebelumnya, hal senada disampaikan Pj Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan. Dia menyebut, bantuan tersebut salah satu bentuk nyata komitmen Pemkab Pringsewu mendukung program pemerintah pusat dalam membentuk generasi penerus yang sehat, cerdas dan kreatif.

"Bantuan ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta agar pemerintah daerah lebih maksimal memenuhi kebutuhan gizi masyarakat untuk membentuk generasi penerus yang sehat, cerdas dan kreatif," kata Marindo.

Menurut dia, upaya percepatan penurunan stunting telah menjadi program prioritas nasional sejak tahun 2021. Tujuan program tersebut guna mewujudkan pembangunan manusia Indonesia yang lebih berdaya saing di masa depan.

"Bonus demografi pada 2045 tentu harus dimbangi dengan SDM yang mumpuni dan berkompeten serta memiliki daya saing tinggi," terangnya. (**) 






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos