Enam Mahasiswa UIN RIL Siap Ikuti Program Pertukaran ke Thailand dan Taiwan

img
Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, dan jajaran foto bersama mahasiswa UIN RIL yang ikut program pertukaran ke luar negeri.

MOMENTUM, Bandar Lampung--Enam mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) siap mengikuti program pertukaran mahasiswa (student exchange program) ke dua negara. Program ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang telah terjalin.

Mahasiswa yang terpilih akan menjalani perkuliahan selama satu semester, dengan empat mahasiswa menuju Krirk University Thailand dan dua lainnya ke National Dong Hwa University Taiwan.

Rektor UIN RIL, Prof H Wan Jamaluddin Z  MAg PhD, menegaskan pentingnya kesempatan ini bagi para mahasiswa.

“Ini adalah peluang emas yang sangat jarang bisa diraih. Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, jaga nama baik almamater kita, dan pandai-pandailah membawa diri karena kalian akan berada di lingkungan yang berbeda secara budaya, hukum, dan regulasi,” pesan Rektor saat melepas para mahasiswa di Ruang Rektor, Jumat (30/08/2024).

Prof Wan juga berharap agar pengalaman ini dapat menjadi batu loncatan bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi di luar negeri di masa mendatang.

“Semoga ini bisa membuka jalan untuk kalian melanjutkan studi lebih tinggi. Pengalaman akademis yang kalian peroleh di luar negeri pasti akan membuat kalian berbeda dari yang lain, tetapi tetap rendah hati, karena di atas langit masih ada langit,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Rektor menyampaikan, kampus hijau UIN RIL akan selalu memberikan ruang dan peluang bagi sivitas akademika dengan adanya program-program yang dapat meningkatkan kualitas, baik mahasiswa, dosen, maupun tenaga kependidikan.

Ketua International Office UIN RIL, Bambang Budi Wiranto PhD  juga memberikan dorongan kepada para mahasiswa. Ia mengingatkan mereka untuk menjadikan pengalaman ini sebagai motivasi bagi mahasiswa lainnya. 

“Manfaatkan pengalaman pertukaran ini dengan maksimal, dan jadikan motivasi untuk mendukung program internasionalisasi di kampus kita,” ujarnya.

Adapun mahasiswa yang akan berangkat ke Krirk University, Thailand, adalah Salma Fathiya (Prodi Ekonomi Syariah), Hadijah Nova Karunia (Prodi Komunikasi Penyiaran Islam), Restiya Arditha (Prodi Pendidikan Matematika), dan Wenny Erfiyani (Prodi Psikologi Islam). Sementara itu, Jefry Husen (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris) dan Maynia Rahmawati (Prodi Manajemen Bisnis Syariah) akan berangkat ke National Dong Hwa University, Taiwan.

Mahasiswa-mahasiswa ini dijadwalkan berangkat pada awal September 2024. Program ini diharapkan tidak hanya memberikan pengalaman akademis tetapi juga memperkuat jaringan internasional dan membawa manfaat bagi pengembangan diri serta almamater di masa depan.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos